Tuesday, 13 March 2018 00:00

POp Daerah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

kali ini, menghadirkan lagu-lagu daerah Aceh, yang dibawakan oleh penyanyi wanita Indonesia, Liza Aulia. Untuk membuka perjumpaan kali ini, kita dengarkan sebuah lagu berjudul Katiedhein, dibawakan oleh Liza Aulia.

Katiedhein merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam Album Kuthiding, album perdana yang telah melambungkan nama Liza Aulia, terutama di wilayah Aceh. Selain memiliki karakter vokal yang khas dan kuat, Liza juga mampu menciptakan lagu, seperti lagu Katiedhein. Wanita cantik yang mengenakan hijab ini juga sering tampil atau manggung di kota-kota di daerah Aceh.

Penyanyi yang satu ini memang berbakat di bidang seni. Sejak sekolah menengah atas Liza sudah bermain sinetron pendidikan yang di tayangkan di televisi nasional TVRI. Meskipun belum banyak mengeluarkan album, menyanyi bukanlah hal yang baru baginya. Sejak kecil Liza sudah terbiasa menyanyi, bahkan dia belajar membaca dari lirik lagu ketika berkaraoke.

Bagi Liza menyanyi bukan hanya sekedar hobby tetapi juga bentuk tanggungjawab moral sebagai pelaku seni. Menurutnya seni adalah identitas suatu bangsa, karena itu Liza Aulia akan konsisten pada musik Aceh. Baiklah, kita dengarkan sebuah lagu Aceh berikut berjudul Aneuk Yatim, dibawakan oleh Rafly.

lagu ini diputar berulang-ulang saat Tsunami meluluhlantakkan Banda Aceh. Lagu berjudul Aneuk Yatim ini berisi rintihan anak yatim. Sebelumnya nama Rafly mulai dikenal sebagai penyanyi daerah Aceh saat dia mengeluarkan album bertajuk Hasan Husein. Perjalanan penyanyi pria Aceh ini tidaklah mudah. Sebelum berhasil masuk ke dapur rekaman, Rafly sempat bernyanyi di warung-warung kopi di Aceh. Warna vocalnya yang khas dan melengking, menjadi kelebihan sendiri baginya. Dalam lagu-lagunya Rafly mencoba memadukan musik tradisional Aceh dengan musik modern. Lagu Aneuk Yatim ini kemudian juga diputar saat peringatan Tsunami Aceh.

Read 896 times
More in this category: « Keroncong Musikimia »