Monday, 08 January 2018 11:31

Indonesia India Sepakat Beri Kontribusi Bagi Masyarakat di Kawasan, Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

INDONESIAKU VOI Tahun ini Indonesia dan India menyelenggarakan sidang komisi bersama (SKB) kelima, yang dilaksanakan pada Jumat (5/1/2018) di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Sidang dipimpin menteri luar negeri RI, Retno Marsudi. Menteri luar negeri India, Sushma Swaraj, juga menghadiri langsung pertemuan tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika memberikan pernyataan pers mengatakan, Sidang Komisi Bersama kelima, sarat dengan komitmen kuat dari kedua negara, untuk bekerjasama dalam memberikan manfaat besar bagi masyarakat di kawasan dan dunia.

Retno Marsudi menegaskan, kerjasama di berbagai sektor juga turut menjadi komitmen Indonesia dan India, seperti melawan aksi terorisme melalui program deradikalisasi, melawan kejahatan transnasional termasuk kejahatan siber, hingga memperkuat kerjasama di sektor maritim. Selain itu ada juga kesepakatan di sektor keamanan, politik, kerjasama finansial, dan industri pertahanan. Di bidang maritim, kerjasama dilakukan dalam melawan perompakan serta pencurian ikan.

Kerja sama Indonesia-India di bidang perdagangan cukup baik. Pada periode Januari hingga Oktober nilai perdagangan mencapai hampir 15 miliar dolar Amerika. Retno Marsudi menambahkan, Indonesia menargetkan jumlah tersebut  dapat mencapai 50 miliar Amerika pada tahun 2025. India termasuk negara yang mengekspor CPO terbesar dari Indonesia.

Sementara itu Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, mengatakan, India akan melanjutkan bantuan pengembangan keterampilan dalam bentuk program pelatihan jangka pendek dan beasiswa. Menurut Sushma Swaraj, pihaknya juga membahas meningkatnya permintaan untuk pengembangan keterampilan di kedua negara, mengingat India memiliki sebagian besar populasi muda. Ia menjelaskan, saat ini India menawarkan hampir 150 slot pelatihan dan beasiswa. Ia sepakat lebih memperkuat kerjasama di sektor pendidikan.

Sushma Swaraj juga menyampaikan penghargaan kepada presiden Joko Widodo yang telah menerima undangan Perdana Menteri Shri Narendra Modi, untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Perayaan Istimewa ASEAN (ASEAN special commemorative summit ) sebagai Tamu Kehormatan pada Hari Republik India, di New Delhi pada 25 dan 26 Januari. Sementara tahun 2019 mendatang Indonesia dan India akan merayakan hubungan diplomatik ke 70. 

Read 1361 times Last modified on Monday, 08 January 2018 21:38