Monday, 08 June 2020 05:11

Pemerintah Indonesia Pacu Investasi Sektor Industri

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pemerintah Indonesia fokus mendorong realisasi penanaman modal sektor industri, baik itu datangnya dari investor asing maupun lokal. Langkah strategis ini bertujuan semakin memperdalam struktur manufaktur di dalam negeri sehingga dapat memperkuat rantai pasok dan daya saing. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Perindustrian, Janu Suryanto di Jakarta, Kamis (4/6) mengatakan, pihaknya terus mengawal investasi di sektor industri, agar investasi di sektor tersebut memacu kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor. Meskipun di tengah tekanan berat dari dampak pandemi Covid-19, Janu menegaskan, pemerintah tetap bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif di Indonesia. Hal ini bertujuan agar para investor kian percaya dan nyaman untuk mengeluarkan dananya.

Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Perindustrian,  selain masih mengincar penanaman modal dari sektor industri yang menghasilkan produk substitusi impor, pemerintah juga akan lebih gencar menarik investasi yang dapat menciptakan lapangan kerja atau sektor padat karya. Menurut Janu, aktivitas industri selama ini telah terbukti membawa dampak yang luas terhadap perekonomian nasional, antara lain melalui peningkatan pada nilai tambah bahan baku, penerimaan devisa dari ekspor, dan penyerapan tenaga kerja. Janu pun mengungkapkan, Indonesia masih menjadi negara tujuan utama investasi khususnya bagi sektor industri manufaktur. Potensi ini lantaran didukung dengan ketersediaan pasar yang besar dan bahan baku yang melimpah.

Bahkan, Indonesia dinilai memiliki keunggulan untuk bisa dijadikan sebagai hub manufaktur di wilayah ASEAN. Selain itu, daya tarik lainnya bagi investor, Indonesia telah menyatakan kesiapan dalam menerapkan industri 4.0 melalui implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Kementerian Perindustrian  mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar 61,5 miliar dolar Amerikia. Selama lima tahun terakhir t, sektor yang memberikan sumbangsih terbesar pada PMA adalah industri logam dasar yang telah mengguyurkan dananya hingga 12,8 miliar dolar Amerika. Selanjutnya diikuti industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia sebesar 9 miliar dolar Amerika, serta industri makanan dan minuman menyentuh angka 8 miliar dolar Amerika. Sementara itu, sektor yang dengan investasi PMDN tertinggi di periode yang sama berturut-turut adalah industri makanan dan minuman sebesar 158,3 triliun rupiah.

Read 677 times Last modified on Sunday, 07 June 2020 15:13