Wednesday, 10 June 2020 00:00

Universitas Brawijaya Ciptakan Lemari Steriilisasi Alat Pelindung Diri Tenaga UV

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ANTARA FOTO ANTARA

Pandemi covid 19 membuat universitas di Indonesia berlomba-lomba menciptakan inovasi yang membantu meringankan tugas petugas medis. Salah satunya, Universitas Brawijaya yang kembali menghasilkan inovasi untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Kali ini, dibawah koordinasi UB Tech, Universitas Brawijaya membuat lemari sterilisasi untuk memudahkan kerja tenaga medis di rumah sakit, sekaligus memastikan keamanan APD yang digunakan. Lemari sterilisasi ini bekerja menggunakan sinar Ultra Violet yang dipancarkan oleh delapan buah lampu, dengan daya lampu masing-masing sebesar 40 watt.

Bayu Abi Pamungkas selaku koordinator tim mahasiswa UB Tech  menjelaskan, alat Pelindung Diri yang akan disterilisasi dimasukkan ke dalam lemari ini, untuk diputar agar seluruh permukaan terpapar lampu Ultra Violet.

Kecepatan rotasi, menurut Bayu dapat di atur menjadi 3, kecepatan lambat (1 rpm), kecepatan sedang (5 rpm) dan kecepatan tinggi (10 rpm), tergantung kebutuhan. Lama prosesi sterilisasi juga dapat diatur. Pada pengujian terakhir, waktu 30 menit sudah cukup untuk sekali sterilisasi.

Durasi sterilisasi yang singkat ini juga dapat membantu tenaga medis bekerja dengan cepat tanpa harus menunggu lama untuk sterilisasi APD. Bayu menjelaskan, awal mula diciptakannya lemari ini bermula dari munculnya kelangkaan APD pada saat pandemi Covid-19 di Kota Malang.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, UB Tech menghasilkan solusi berupa diciptakannya Lemari Sterilisasi APD ini. Saat ini, lemari ini masih dalam proses riset purwarupa dan pengujian efisiensi

Read 789 times Last modified on Wednesday, 10 June 2020 07:41