Thursday, 11 June 2020 00:00

“PT Pos Luncurkan Aplikasi Space”

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO REPB FOTO REPB

Menghadapi pandemic Covid-19, konsep new normal atau tatanan kenormalan baru secara bertahap mulai diimplementasikan di banyak Negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia, berbagai persiapan untuk menghadapi tatanan kenormalan baru telah dilakukan oleh banyak pihak dan berbagai sektor industri. Salah satu badan usaha milik negara yang baru-baru ini menyiapkan langkah khusus untuk menghadapi kenormalan baru adalah PT Pos Indonesia (persero). PT Pos Indonesia, meluncurkan aplikasi yang sengaja disiapkan untuk menghadapi kondisi kenormalan baru. Aplikasi itu diberi nama Space dan Pos Giro Mobile (PGM).

Direktur Hubungan Strategis dan Kelembagaan PT Pos Indonesia Noer Fajrieansyah mengatakan, PT Pos kembali melakukan terobosan dengan mengembangkan layanan digitalnya berupa aplikasi video konferensi Space dan aplikasi layanan keuangan Pos Giro Mobile.  Layanan digital yang diperoleh dari aplikasi Space ini, yaitu konferensi video sebagai media yang menunjang rapat virtual. Dengan cara itu, walau sedang menjaga jarak atau tidak bertemu secara fisik, tetap bisa mengadakan rapat dengan bertatap muka. Menurut Noer Fajrieansyah, Aplikasi Space diharapkan sebagai solusi atas kebutuhan komunikasi dan koordinasi internal yang efisien dan lebih cepat dalam menunjang operasional bisnis. Ia mengklaim, meski aplikasi Space tidak jauh berbeda dengan aplikasi percakapan video lainnya. Namun, Space dipastikan lebih aman, efektif dan efisien dari sisi biaya operasional

Aplikasi space juga punya kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh aplikasi virtual lainnya. Space diklaim masih tetap bisa digunakan pada koneksi data yang tidak terlalu tinggi. Seminimal-minimalnya, Space masih mampu berjalan pada koneksi data 50 Kbps dan performanya akan semakin meningkat sesuai dengan tingkat koneksi data yang ada. Space juga mampu menjangkau berbagai pelosok wilayah Indonesia. Untuk fiturnya, Space tersedia dalam aplikasi berbasis situs web dan tersedia pula versi Android mobile, yang terintegrasi dengan sistem informasi manajemen SDM PT Pos.

Selain aplikasi percakapan video, PT Pos juga menyediakan aplikasi di bidang layanan keuangan yang diberi nama Pos Giro Mobile (PGM). Melalui aplikasi PGM, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk melakukan transaksi layanan jasa keuangan Pos Indonesia sebagaimana biasanya. Dengan layanan berbasis daring ini, diharapkan dapat mendukung masyarakat agar tidak perlu keluar rumah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Read 885 times Last modified on Friday, 12 June 2020 06:11