Wednesday, 17 June 2020 12:50

Konsekwensi Keputusan Trump Menarik Pasukan Dari Jerman

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Isu bahwa Amerika Serikat akan menarik sejumlah pasukannya dari Jerman menjadi nyata. Dengan alasan Pemerintah Jerman bertindak nakal, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Senin 15 Juni 2020, menyatakan akan menarik pasukannya dari Jerman. Dalam pernyataannya di Gedung Putih, Trump mengatakan akan mengurangi jumlah pasukannya hanya menjadi 25 ribu orang. Data menunjukkan bahwa hingga saat ini Amerika Serikat menempatkan sekitar sekitar 38 ribu tentaranya di beberapa wilayah Jerman.

Selain mempertimbangkan besarnya biaya pengerahan pasukan di Jerman, Donald Trump menjadikan lemahnya komitmen Jerman sebagai alasan yang lain. Trump menggunakan istilah nakal untuk kebijakan pemerintahan Angela Merkel yang tidak memenuhi komitmennya menggunakan dua persen pendapatan Domestik Brutonya.


untuk sektor pertahanan seperti yang disyaratkan NATO. Sejak berakhirnya perang dunia kedua, Amerika Serikat telah mengeluarkan biaya besar untuk menempatkan pasukannya di Jerman. Keluhan Donald Trump ini tidak hanya disampaikan kepada Angela Merkel, tetapi juga kepada negara lain anggota Nato.

 

Apapun alasan Donald  Trump mengurangi jumlah tentaranya di Jerman, kritik telah bermunculan. Tidak hanya dari Jerman, tetapi juga dari lawan politiknya di dalam negeri. Kalangan aliansi NATO menyatakan bahwa keputusan Trump menunjukkan lemahnya komitmen pemerintahannya untuk bekerjasama dengan NATO dan negara Eropa lainnya. Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengindikasikan semakin rumitnya hubungan Amerika Serikat dan Jerman sejak Donald Trump menjadi Presiden. Walaupun demikian, keputusan Trump disambut positif oleh partai beraliran kiri di Jerman yang menginginkan penarikan pasukan Amerika Serikat secara menyeluruh dari Jerman.  

 

Keputusan itu juga  menguatkan kritik kepada Trump di dalam negeri, bahkan dari Partai Republik sendiri.  Kalangan partai Republik sebelumnya telah mengingatkan Trump bahwa penarikan pasukan dari Jerman dan Eropa akan membawa konsekwensi keamanan yang dapat ditimbulkan oleh Rusia dan China. Apakah langkah Trump akan berkonsekwensi bagi pencalonannya kembali sebagai Presiden, menyusul antipati sebagian rakyat Amerika Serikat akibat responnya terhadap kematian George Floyd, mata dunia masih harus menunggu hingga saatnya tiba. 

Read 764 times