Tuesday, 20 March 2018 11:32

Indonesia Memiliki Nilai Budaya Yang Menjadi Karakter Bangsa.

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Suatu bangsa dapat maju dan berjaya kalau mempunyai nilai-nilai.  Indonesia merupakan negara yang kaya dengan nilai budaya dan filosofi sehingga Indonesia  menjadi bangsa yang  tangguh dan punya jati diri. Demikian dikatakan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam audiensi dengan Keluarga Mahasiswa Sunan Gunung Djati (KMSGD) Jabodetabek di Gedung Parlemen, Jakarta Jumat (16/03) seperti dikutip laman mpr.go.id .  Zulkifli Hasan mengatakan bahwa dengan jati diri itu maka seharusnya bangsa Indonesia tidak mudah terkontaminasi dengan budaya-budaya dari luar.

Ia menjelaskan nilai budaya yang saling menghormati satu sama lain dan menjaga toleransi  telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang telah ditanamkan oleh  pendiri bangsa Indonesia.

Sebelumnya, seperti ditulis laman mpr.go.id, dalam acara Seminar Nasional Gerakan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid dan Pesantren kerjasama MPR dan Badan Koordinasi Muballigh dan Ulama Indonesia (BAKOMUBIN) di Gedung Parlemen, Jakarta Kamis (15/3)  , Zulkifli Hasan mengungkapkan nilai budaya yang juga dimiliki Indonesia, toleransi. Ia mengungkapkan Indonesia merupakan  negeri yang toleran yang  saling menghargai perbedaan. Oleh karena itu Zulkifli menolak tegas siapapun yang menyebut masyarakat Indonesia sebagai radikal dan intoleran. Ia mencontohkan  salah satu bukti adalah peringatan hari besar suatu agama menjadi hari libur untuk semua umat  agama. Ia menambahkan, itulah   harmoni yang telah  terbangun  sejak Indonesia merdeka.

Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa  toleransi dan demokrasi Indonesia jadi contoh untuk dunia. Mereka kagum bagaimana negara dengan mayoritas muslim bisa berdemokrasi

Read 1040 times Last modified on Tuesday, 20 March 2018 11:33