Friday, 28 August 2020 16:13

Perpusnas Apresiasi Program Wisata Literasi Kota Tegal

Written by 
Rate this item
(0 votes)

PHOTO : PERPUSNAS 

 

 

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengapresiasi program Bunda Baca Kota Tegal dalam meningkatkan budaya baca di daerahnya. Program Bunda Baca yang mengusung wisata literasi diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk diadopsi di daerah masing-masing. Hal ini disampaikan Syarif Bando dalam webinar dengan tema “Peran Bunda Baca dalam Adaptasi Kenormalan Baru untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat” yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (27/8). Dalam kesempatan tersebut, Syarif Bando menjelaskan empat tingkatan literasi.

"Ada empat tingkatan jenjang yang kami rumuskan setelah mengacu pada manifesto e-play UNESCO. Pertama, kita tidak mungkin mendeklarasikan diri sebagai literate kalau kita tidak memiliki kemampuan akses yang baik terhadap semua sumber bacaan yang terbaru. UNESCO menetapkan standar minimal 3 buku baru setiap orang setiap tahun. Kedua, kita tidak cukup hanya memiliki banyak buku bacaan dan memiliki kemampuan untuk akses itu tapi kemampuan memahami apa yang tersirat dan tersurat karena itu tidak ada cara lain kecuali membaca, karena transfer knowledge dari teori dan praktek cuma satu yaitu baca. Ketiga, kemampuan mengemukakan ide-ide, gagasan, kreativitas, ataupun inovasi baru sehingga kita bisa merubah keadaan yang terbelakang yang tradisional kemarin menjadi keadaan yang terbaik dan modern di hari esok. Dan keempat, kemampuan menciptakan barang dan jasa yang bermutu yang bisa dipasarkan di seluruh dunia" Ujar Syarif Bando. 

Program Bunda Baca Kota Tegal yang dipimpin Roro Kusnabilla Erfa melakukan Wisata Literasi dengan kunjungan antara lain ke sekolah, kelurahan, hingga kecamatan, dengan melibatkan 46 duta baca yang mewakili seluruh elemen masyarakat. Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa judul buku hasil karya peserta didik SMPN 1 Tegal dan masyarakat. (voi/nuke/edit r)

Read 529 times