Monday, 26 March 2018 00:00

FUNGIPLAST – Plester Penyembuh Jamur Kulit

Written by 
Rate this item
(0 votes)

jamur adalah salah satu musuh utama bagi kulit masyarakat yang tinggal di daerah tropis. Jamur dapat menyerang berbagai permukaan kulit di tubuh manusia. Tidak hanya menimbulkan gatal, apabila berkembang biak, maka jamur akan menyebabkan iritasi pada kulit. Lingkungan tropis yang panas dan lembab menjadi surga bagi jamur untuk tumbuh subur di kulit manusia.

Berbagai upaya pencegahan dan pengobatan jamur pada kulit pun sudah dikembangkan. Beragam merek krim dan salep anti jamur juga sudah tersebar luas. Namun, tidak semua merasa puas dengan kinerja krim dan salep anti jamur. Pasalnya, jamur kerap datang kembali akibat sulitnya mengendalikan dosis dan salep atau krim yang telah dioleskan mudah hilang karena tergesek benda lain saat kita beraktivitas.

Melihat permasalahan ini, seorang dokter bernama Ketut Gede Budhi Riyanta mencari jalan keluar dengan membuat terobosan baru bernama Fungiplast.Fungiplast adalah sebuah pembasmi jamur di kulit yang berupa plester. Penggunaan Fungiplast juga cukup sederhana, tinggal ditempelkan ke atas permukaan kulit yang terjangkit jamur. Tetapi, proses penemuan Fungiplast tidak semudah yang dibayangkan.Dokter Ketut Gede Budhi Riyanta berangkat dari sulitnya mengukur dosis dan mudah hilangnya salep atau krim anti jamur, yang membuat penyakit jamur kulit terus terjadi. Dokter Ketut pun mendapatkan ide untuk membuat pembasmi jamur berbentuk plester. Keefektifan plester ini pun telah diuji ke laboratorium. Hasilnya, Fungiplast lebih efektif daripada salep atau krim anti jamur.Ada beberapa keunggulan dari Fungiplast. Pertama, obat penyembuh jamur pada Fungiplast memiliki dosis yang terukur. Kedua, obat anti jamur pada Fungiplast tidak mudah hilang karena gesekan saat beraktivitas. Ketiga, Fungiplast dapat menambah rasa percaya diri penggunanya karena bisa menutup infeksi jamur tanpa menarik perhatian. Fungiplast tersedia dalam berbagai jenis warna kulit. Keempat, Fungiplast lebih tahan lama dan bahkan dapat digunakan lebih dari 24 jam.

Fungiplast terdiri dari perekat plaster, plastik anti-air, dan lapisan yang mengandung 2% krim Miconazole Nitrate. Dengan ketiga komponennya, Fungiplast buatan Dokter Ketut Gede Budhi Riyanta tersebut dapat menjalankan tiga fungsi, yaitu menutup, mengobati, dan mencegah perluasan.

Inovasi dari Dokter Ketut Gede Budhi Riyanta sudah diakui. Fungiplast berhasil menjadi pemenang dari suatu kompetisi inovasi pada tahun 2016 silam. Berangkat dari kompetisi itu, Fungiplast beserta manfaatnya pun semakin dicari masyarakat. Meski sudah cukup sukses di awal penemuannya, Dokter Ketut Gede Budhi Riyanta masih berharap agar bisa bekerja sama dengan perusahaan farmasi untuk mengembangkan Fungiplast, sehingga dapat lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat.

Read 1447 times