Tuesday, 27 March 2018 18:01

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Akan Lebih Optimalkan Pembinaan Pancasila.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila telah meningkat statusnya menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 28 Februari 2018. Mantan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri seperti dikutip jpnn.com mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo yang telah meningkatkan status Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/3). 

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai menerima kunjungan Ketua Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif di kantor Panglima TNI, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (14/3) seperti dikutip radarjakarta.com mengatakan TNI akan mengerahkan segala kemampuan untuk menjaga Pancasila sebagai ideoligi negara.

Kunjungan Ketua BPIP, Yudi Latif dalam rangka meminta dukungan TNI, baik personil, infrastruktur maupun alutsista, dalam program-program sosialisasi dan pemantapan nilai-nilai Pancasila hingga ke pelosok daerah. 

Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan mendukung program kerja yang sudah direncanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, karena TNI memiliki infrastruktur yang sangat bagus sampai ke pelosok tanah air. Hadi menjelaskan nantinya program kerja yang akan dilaksanakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila akan dielaborasi dengan kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan TNI. 

Pada kesempatan yang sama,Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latif menjelaskan, BPIP bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dengan TNI dalam rangka mengarusutamakan ideologi negara. Apalagi di TNI juga memiliki fungsi bela negara yang salah satu agendanya ialah pertahanan ideologi negara. Menurutnya kekuatan-kekuatan bersama ini bisa disinergikan dalam rangka mengarusutamakan Pancasila di masa depan. Ia menambahkan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila hanya memiliki lembaga di tingkat pusat. Sementara TNI memiliki armada sampai di tingkat bawah. Agar pesan-pesan dari ideologi Pancasila ini sampai ke tingkat terbawah masyarakat, diperlukan peran aparat TNI yaitu Bintara Pembina Desa atau Babinsa yang bertugas di desa-desa.

Read 1337 times