Thursday, 12 April 2018 00:00

Hari Bawa Bekal Nasional

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Tanggal 12 April diperingati sebagai “Hari Bawa Bekal Nasional”. Hari bawa bekal nasional awalnya ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional RI, BPOM, dan  salah satu produk terkenal dari peralatan rumah tangga pada tahun 2013. Tujuannya, agar timbul kesadaran akan pentingnya kesehatan anak Indonesia. Penetapan hari bekal nasional menjadi tonggak awal untuk mencapai kesehatan yang merata bagi anak – anak seluruh Indonesia. Hal tersebut didukung dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 39/2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Salah satu isinya di pasal 3 menyatakan, materi pembinaan kesiswaan meliputi kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi. Hal ini meliputi antara lain Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat; Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS), meningkatkan kesehatan reproduksi remaja, melaksanakan pengamanan jajanan anak sekolah.

Tujuan terhadap kesehatan dalam memperingati hari bawa bekal nasional, selaras dengan peringatan hari kesehatan Internasional pada 7 April 1950, dimana WHO menentukan tema “From Farm to Plate Make Food Safe”.- "Dari Pertanian ke Piring Membuat Makanan Aman". Hari Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO dan dipandang sebagai kesempatan menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya.

Di Indonesia, sejak zaman dulu budaya memberikan bekal makanan kepada anak masih sering dilakukan di daerah perkotaan. Di daerah pedesaan pun seperti petani maupun nelayan membawa bekal makanan dan minuman dalam bekerja.

Namun, sekarang mulai bergeser karena kesibukan dan pengaruh makanan cepat saji. Lalu, kenapa penting membawa bekal? Menurut data penelitian Badan Pengawas  Obat dan Makanan (BPOM) 2009 – 2013 sebanyak 99% anak sekolah selalu jajan. 59% - 70% jajanan di lingkungan tidak higienis, sehingga edukasi untuk membawa bekal yang bersih dan sehat berguna untuk mencegah anak – anak untuk jajan sembarangan. Membawa bekal berarti bertanggung jawab secara langsung dalam pemilihan dan pengolahan makanan, bahan – bahan yang digunakan juga pasti aman dan sehat. Selain itu, survei resiko kesehatan dasar menunjukkan masih banyak penduduk Indonesia kurang konsumsi buah dan sayur tiap hari dalam proporsi Rumah Tangga melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, sehingga ada baiknya untuk menyediakan bekal yang disertai sayur dan buah.

dengan membawa bekal, masyarakat bisa melakukan pola hidup sehat karena bekal dibuat sendiri sehingga dari segi kebersihan dapat terjamin dan bahan yang diolah dari bahan-bahan yang dipilih sendiri. Selain itu dengan membawa bekal bisa menghemat dari segi finansial. Dan yang pasti bisa mengurangi sampah bekas makanan, karena tempat makanan yang dibawa bisa dipakai kembali. 
Di tengah banyaknya makanan yang tidak bisa dipastikan kebersihan dan gizinya, bekal bisa jadi solusi, utamanya buat anak-anak. Selamat Hari Bawa Bekal Nasional.Demikianlah edisi Warna Warni untuk hari ini. Kita jumpa lagi dalam acara yang sama dengan tema tema menarik lainnya.

Read 618 times