Thursday, 19 April 2018 07:38

Tren Kenaikan IPM Di Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin 16 April menginformasikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada 2017 mencapai 70,81 poin atau naik sebesar  hampir satu  persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kalau dilihat dari sisi trend, tampak terjadi peningkatan IPM indonesia setiap tahunnya. Pada 2015, masih di bawah 70, pada 2016 meningkat menjadi  70,18 dan tahun 2017 menjadi 70,81.

 Kepala BPS Suhariyanto mengatakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia  saat ini masuk dalam kategori tinggi. Namun, masih ada ketimpangan yang signifikan khususnya antara DKI Jakarta dengan Papua. Penghitungan IPM disusun dengan menggunakan tiga dimensi, yakni kesehatan yang diukur dengan indikator umur harapan hidup. Kemudian pengetahuan atau pendidikan yang diukur dengan harapan dan rata-rata lama bersekolah. Sedang yang terakhir adalah  dimensi hidup layak yang didekati dengan pengeluaran per kapita yang disesuaikan.

Sementara itu, Country Director Program PBB untuk Pembangunan - UNDP Indonesia Christophe Bahuet (baca : kristop baue) mengatakan kenaikan IPM Indonesia menunjukkan ada banyak kemajuan yang telah dicapai. Langkah selanjutnya untuk menuju pembangunan manusia yang tinggi adalah,  inklusi dan pengurangan kesenjangan. Khususnya untuk provinsi terpencil dan antara laki-laki dan perempuan.

Bagi Pemerintah, laporan BPS tentang kenaikan IPM tersebut cukup menggembirakan. Karena  berarti kebijakan Nawacita yang selama ini diterapkan telah memberikan korelasi yang cukup signifikan. Walapun begitu, pekerjaan rumah Pemerintah masih menanti, yaitu mempercepat  pemerataan pembangunan  terutama di wilayah Timur Indonesia.   

Indeks Pertumbuhan Manusia berkaitan erat dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada September 2015. Indonesia sendiri mendukung hal tersebut  dengan keluarnya peraturan Presiden tentang pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan pada Juli 2017 yang berhubungan erat dengan Pembangunan Indonesia. Bukan hanyayang  berorientasi pada segi fisik tapi juga non fisik,  dengan muara pada Indeks Pembangunan Manusia.

Read 26 times Last modified on Sunday, 22 April 2018 17:03