Sunday, 29 April 2018 10:10

“INASGOC : “ UMKM Harus Mampu Manfaatkan Asian Games dan Antisipasi Sponsor Ilegal ”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018-INASGOC meminta Usaha Kecil dan Menengah-UMKM untuk memanfaatkan Asian Games dengan menjual produk khas daerah. Direktur Revenue Inasgoc, Hasani Abdul Gani baru-baru ini mengatakan,  hal ini karena dalam pesta olahraga internasional itu, ribuan tamu mencanegara akan berkunjung. Jadi, momen tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar produk daerah dibeli peserta pesta olah raga akbar mendatang. Hasani Abdul Gani menegaskan, walau produk yang dijual tidak diperbolehkan menggunakan logo Asian Games, karena sudah ada sponsor resmi. Namun, itu tidak menjadi masalah karena peserta Asian Games 2018 ingin memperoleh produk khas daerah. Bahkan, peserta pesta olahraga akbar tersebut menginginkan oleh-oleh khas yang ada di daerah tuan rumah, sehingga itu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Yang jelas, kata Hasani Abdul Gani, pesta olah raga akbar mendatang sangat menguntungkan bila pelaku usaha menangkap peluang ini.

Sementara itu, mengenai produk yang diperbolehkan memasang logo Asian Games adalah mereka yang telah melakukan kerjasama dengan INASGOC.   Hasani Abdul Gani mengatakan, saat ini pihaknya masih sering menemukan produk produk yang berlebel sponsor yang tidak resmi. Padahal, Panitia sudah menetapkan siapa saja yang menjadi agen promosi resmi pesta olahraga benua Asia pada Agustus mendatang. Menurut Hasani Abdul Gani, pihak sponsor sudah bekerjasama dengan INASGOC dan membayar untuk menjadi pendukung promosi pesta olah raga akbar Asia tersebut. Untuk itu, pihaknya terus mengantisipasi agar sponsor yang tidak resmi itu tidak menggunakan logo Asian Games 2018 dengan sosialisasi ke masyarakat.

Saat ini, kata Hasani Abdul Gani, yang resmi menjadi sponsor Asian Games 2018 Jakarta - Palembang tercatat ada 37 perusahaan atau produk. Ia melanjutkan, untuk menjadi bagian dari promosi Asian Games yang diikuti 45 negara itu, banyak aturan yang harus dipenuhi. Menurutnya, sebenarnya Asian Games berdampak positif bagi daerah, terutama perekonomian rakyat melalui UMKM, akan berkembang. 

Sementara itu, Wakil Sekretaris panitia daerah Asian Games IGB Surya Negara mengatakan, pihaknya akan membantu menyosialisasikan sponsor tidak resmi tersebut kepada masyarakat. Apalagi, INASGOC hanya berada di pusat dan di daerah tidak ada maka panitia daerah harus menyosialisasikan Asian Games supaya berlangsung sukses salah satu nya berkenaan dengan sponsorship dan pemberdayaan UMKM.

Read 860 times