Wednesday, 02 May 2018 08:20

Investasi Dalam Negeri Terbesar Awal 2018 Berada di Sektor Infrastruktur

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Badan Koordinasi Penanaman Modal -BKPM mencatat realisasi investasi kuartal pertama 2018 sebesar 185,3 triliun rupiah. Jumlah tersebut terdiri atas penanaman modal asing di Indonesia 97 triliun rupiah dan penanaman modal dalam negeri 76,4 triliun rupiah.

Konstruksi menjadi sektor usaha penyokong terbesar realisasi investasi penanaman modal dalam negeri. Realisasi investasi di sektor konstruksi mencapai 13 triliun rupiah. Demikian dikatakan Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, dalam paparan realisasi investasi di Jakarta, Senin, 30 April. Setelah konstruksi, sektor usaha penanaman modal dalam negeri terbesar adalah tanaman pangan dan perkebunan, transportasi, gudang, telekomunikasi, industri makanan, listrik, gas, dan air.

Lima besar realisasi investasi penanaman modal dalam negeri berdasarkan lokasi proyek yang terbesar ada di Jawa Tengah, kemudian DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Sementara itu, untuk Penanaman Modal Asing, Singapura masih menduduki peringkat teratas sebagai investor yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia, sepanjang tiga bulan pertama di Indonesia. Nilai investasinya 2,65 miliar dolar Amerika Serikat pada triwulan pertama 2018. Posisi ke dua ditempati oleh Jepang dengan investasi total 1,36 miliar dolar Amerika, disusul Korea Selatan dengan 940 juta dolar Amerika. Tiongkok berada di posisi ke empat dengan nilai investasi sekitar 676 juta dolar Amerika dan di posisi ke lima adalah Hong Kong dengan investasi sekitar 516 juta dolar Amerika Serikat.

Azhar Lubis menjelaskan, meski secara posisi Tiongkok turun satu peringkat, namun secara angka, nilai investasi Tiongkok terus meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Trikasih Lembong, mengatakan, tren peningkatan investasi Tiongkok terjadi tidak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Tiongkok adalah mitra dagang nomor satu dari 121 negara di dunia. Selain itu, negara itu juga menjadi sumber utama wisatawan internasional dari banyak negara dunia, terlebih setelah menjadi ekonomi terbesar di Asia Pasifik.

Realisasi investasi Penanaman Modal Asing berada di sektor perumahan, kawasan industri, perkantoran, industri logam dasar, barang logam, mesin, elektronik, listrik, gas, air, pertambangan, serta tanaman pangan dan pertanian.

Badan Koordinasi Penanaman Modal juga mengumumkan, total penyerapan tenaga kerja sepanjang Januari hingga Maret 2018 mencapai 201.239 orang

Read 887 times