Thursday, 03 May 2018 07:25

Mahasiswa Indonesia di Rusia Gelar ‘Permira ASEAN Student Games’

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA) menggelar pertandingan olahraga antar mahasiswa negara anggota ASEAN, yang bertajuk Permira ASEAN Student Games 2018, Minggu (29/4/2018). Pertandingan diikuti oleh 7 negara anggota ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, Laos, Vietnam, dan Myanmar. Pertandingan dengan tema “let’s play together, build friendship and fair play “dibuka tampilan bendera dari setiap negara perwakilan ASEAN dengan diiringi lagu traditional dari masing-masing negara tersebut. Disajikan pula tarian pembuka dengan tarian kreasi yang bernama tari “Perdamaian” asal Kalimantan Timur. Kemudian dilakukan pemotongan tumpeng tanda dimulainya acara oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi rusia dan Republik Belarus, Wahid Supriyadi. Garin Yudha Primaditya selaku ketua panitia mengatakan, acara tersebut diharapkan dapat mempererat hubungan antar negara-negara ASEAN, menyatukan cita dan asa untuk kekuatan pemuda ASEAN di masa yang akan mendatang. Ada 3 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu bulutangkis,  tenis meja, dan futsal. Selain pertandingan olahraga, ada juga stand bazaar Indonesia ASEAN. Pemenang pada event pertama kali ini dari cabang olahraga bulu tangkis tunggal putra adalah Vietnam, tunggal putri tenis meja adalah vietnam , dan juara pertama futsal putra direbut oleh Malaysia dan Indonesia hanya dapat bertengger di peringkat 2 dan 3. Sekitar 300 peserta dan tamu yang hadir sangat antusias dengan acara yang baru pertama kali diadakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Russia.

Irwandi Yusuf Terima Dubes Qatar, Tawarkan Investasi di Pelabuhan Sabang

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia, Ahmed Jassim al-Hammar, di Pendopo Gubernur Aceh, Senin (30/4/2018). Dalam pertemuan yang berlangsung santai tersebut, Gubernur menawarkan investasi di bidang pelabuhan Sabang kepada Qatar. Selain itu Gubernur juga mengatakan ingin membuka rute penerbangan langsung Aceh-Qatar. Kepada Dubes Ahmed Jassim, Gubernur Irwandi Yusuf yang didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol, Mulyadi Nurdin, mengatakan banyak warga Aceh yang saat ini bekerja di perusahaan-perusahaan minyak di Qatar. Dubes Ahmed Jassim menyambut baik tawaran investasi dari Pemerintah Aceh. Dia juga mengapresiasi hubungan baik yang selama ini terjalin antara Qatar dan Indonesia. Ia mengatakan akan melakukan kunjungan resmi dalam waktu dekat untuk membahas secara lebih rinci berbagai peluang kerja sama yang mungkin dijajaki. Kunjungan Dubes Ahmed Jassim ke Aceh sendiri dalam rangka memenuhi undangan resepsi pernikahan dr. Latifa Dara Meutuwah, yang merupakan putri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Indonesia Fair 2018 di Dhaka.

Event ini diselenggarakan sebagai kegiatan promosi terpadu yang menggabungkan misi dagang, pertunjukan budaya, dan promosi pariwisata.  Selama 3 hari pelaksaanaan sejak 26-28 April 2018, Indonesia Fair yang diselenggarakan di Dhaka, Bangladesh telah dikunjungi oleh sekitar 10.000 pengunjung dengan antusiasme yang besar dari masyarakat Bangladesh. Duta Besar RI untuk Bangladesh, Rina P. Soemarno mengatakan kegiatan tersebut sukses membukukan nilai transaksi hingga 279,19 juta dolar AS atau lebih dari 3,76 triliun rupiah, yang didapatkan dari Temu Bisnis dan pameran dagang. Rina dalam siaran pers, Selasa (1/5) mengatakan, pencapaian ini merupakan awal yang baik bagi upaya penguatan kerja sama perdagangan Indonesia-Bangladesh. Secara khusus, Dubes Rina memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha Indonesia yang ikut serta dalam Indonesia Fair 2018. Ia berharap pelaku usaha nasional dapat memperluas jangkauan usahanya melihat potensi pasar Bangladesh yang begitu besar. Para pengunjung pameran disuguhkan tari-tarian tradisional Indonesia dari 6 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Aceh, Kalimantan, Papua, Jakarta, dan Jawa Barat oleh tim kesenian KBRI Dhaka dan Dhakabashi. Ada juga pemutaran film-film pendek, dokumenter maupun fiksi untuk memperkenalkan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Masyarakat Bangladesh dan juga para pengusaha yang berpartisipasi dalam pameran mengharapkan kegiatan Indonesia Fair dapat menjadi acara tahunan di Bangladesh

Read 947 times