Friday, 18 May 2018 08:43

Sambut Ramdhan, Dubes Helmy Kunjungi WNI di Kairo

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Wakil Pemerintah Indonesia di Mesir, Duta Besar Helmy Fauzi, menjelang Ramadhan, Selasa ( 15/5) mengunjungi sejumlah mahasiswa Indonesia yang saat ini menimba ilmu di Universitas Al- Azhar Kairo, Mesir. Kesempatan ini juga digunakan untuk mendengar masukan warganya yang tinggal di Mesir. Dalam dialog dengan sejumlah mahasiswa, Helmy Fauzi berpesan agar saat bulan Ramadhan mereka bisa membagi waktu untuk belajar dan beribadah. Selama bulan puasa, Kedutaan Besar RI Kairo telah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk warga negara Indonesia yang tinggal di Mesir. Antara lain buka bersama setiap hari Jumat, shalat tarawih setiap hari, bazar makanan pada pertengahan bulan puasa, dan lainnya. Para mahasiswa menyambut gembira kunjungan Duta Besar Helmy Fauzi dan jajaran Kedutaan Besar RI Kairo. Mereka menyampaikan persiapan dalam menyambut Ramadhan. Terlebih bulan Ramadhan tahun ini bersamaan dengan musim ujian di Universitas Al-Azhar. Helmy Fauzi berharap, para mahasiswa diberikan kelancaran dalam menempuh ujian.

Indonesia Gelar Asian Festival 2018 di Bulgaria

Presiden Bulgaria melakukan pemotongan tumpeng pada Asian Festival 2018, Sabtu (12 Mei) lalu menandakan dimulainya kegiatan di stand Indonesia. Asian Festival ini merupakan inisiatif Indonesia yang sukses berjalan untuk kedua kalinya sejak tahun lalu dengan menggandeng negara-negara Asia lainnya di Bulgaria. Acara yang bertajuk Asian festival 2018: the Colour of Traditions ini digelar di tengah hijaunya taman terbesar di pusat kota Sofia,  Borisova Garden. Presiden Bulgaria Rumen Radev dalam sambutannya menyampaikan, Bulgaria yang sedang menjabat sebagai Presiden Dewan Uni Eropa menaruh perhatian penting pada isu kebudayaan, selain pada isu politik dan ekonomi. Pihaknya mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan Asian Festival, mengingat Asia adalah partner penting bagi Bulgaria. Sementara itu Duta Besar RI Sofia, Sri Astari Rasjid, menyampaikan, kegiatan ini ditujukan untuk mempererat persahabatan dan menyatukan komunitas negara-negara Asia di Bulgaria. Selain membawa Asia lebih dekat ke Bulgaria, diharapkan terbuka peluang kerja sama yang lebih besar di bidang kebudayaan, pariwisata, dan perdagangan. Kegiatan ini juga ditujukan sebagai kegiatan amal. Pengunjung dapat membeli tiket dengan hadiah menarik, salah satunya tiket penerbangan untuk dua orang ke destinasi pilihan di Asia, yang hasil penjualannya didonasikan membantu anak-anak usia dini di Bulgaria.

Indonesian-France Business Forum' di Kota Bordeaux, Perancis Duta Besar RI untuk Perancis, Hotmangaradja Pandjaitan, dalam pembukaan 'Indonesian-France Business Forum' di Kota Bordeaux, Perancis, Senin (14 Mei), mengatakan, berbagai upaya peningkatan ekonomi, investasi, dan perdagangan terus digalakkan Pemerintah Indonesia, antara lain melalui pembangunan dan langkah reformasi kebijakan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi ekonomi, perbaikan sistem perizinan, dan menarik investasi asing. Pada sektor infrastruktur, Presiden Joko Widodo terus melakukan pembangunan, terutama untuk energi dan transportasi, yaitu jalan tol, jalur kereta, pelabuhan, dan bandara, agar mendukung pengembangan sektor industri, khususnya manufaktur di Indonesia. Business Forum dihadiri oleh sekitar 21 pengusaha Bordeaux dari berbagai sektor, mencakup kalangan importir produk makanan, industri anggur, pengelolaan dana, energi terbarukan, dan konsultasi. Hadir juga satu pengusaha Indonesia, Suryo Tutuko dari PT. InterAromat yang berbasis di Belanda. Dalam paparannya, Duta Besar Pandjaitan juga mengundang para pengusaha Perancis, khususnya dari Bordeaux, untuk meningkatkan nilai perdagangannya di Indonesia. Selama ini produk dari Bordeaux yang telah masuk ke Indonesia umumnya anggur, sementara produk Indonesia yang masuk pasar Bordeaux antara lain kopi, teh, dan furnitur.

Read 896 times