Sunday, 20 May 2018 00:00

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini mengetengahkan topik mengenai Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018 . Indonesia memperingati tanggal 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional, yang merupakan tanggal berdirinya gerakan Boedi Oetomo atau Budi Utomo di Yogyakarta pada tahun 1908. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (saat itu disebut Hari Kebangunan Nasional) digelar pertama kali pada 20 Mei 1948 di Yogyakarta dan diberbagai daerah lainnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggelar rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2018 di Jalan Sudirman, Yogyakarta pada Minggu, 13 Mei 2018. Kegiatan ini mengusung tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital. Staf Ahli Menteri Kemkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Gun Siswadi mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya ingin meningkatkan kapasitas sumber daya manusia terutama untuk generasi muda. Juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda sebagai pengguna digital terbanyak di Indonesia agar dapat bangkit dan memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari kampanye Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital, Fun Walk, Senam Zumba dan lain-lain.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional kali ini dengan gerakan melawan hoaks dan konten negatif, serta menggunakan aplikasi buatan dalam negeri. Hal itu dikatakan Menkominfo dalam rangkaian kegiatan Car Free Day untuk Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Lapangan Parkir Sarinah, Jakarta, Minggu, 13 Mei 2018. Menteri juga mengajak masyarakat bersama-sama menurunkan konten negatif di media sosial (medsos). Dia juga berpesan agar tidak memuat gambar-gambar atau foto yang tidak layak dimedia sosial, terutama anak-anak. Menurut Rudiantara, jika perlu, masyarakat dapat mengajukan aduan langsung kepada penyelenggara media sosial yang menyebarkan konten tidak layak tersebut. Hal itu dilakukan untuk Indonesia yang lebih baik. Menkominfo menghimbau agar masyarakat menggunakan aplikasi buatan anak bangsa. Penggunaan aplikasi nasional buatan anak bangsa akan membuat aplikasi berkembang.

Puncak peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110 tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2018. Selain upacara bendera, dilaksanakan juga sejumlah kegiatan lain, diantaranya Seminar dan Dialog Interaktif, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Lomba Pidato bagi Aparatur Sipil Negara-ASN antar kementerian/lembaga/pemda, Bakti Sosial dan Koordinasi, publikasi dan Dokumentasi yang berupa Coverage news, baliho dan spanduk, forum dialog di TV dan Radio serta pada Media Sosial dan Dokumentasi kegiatan. Rangkaian peringatan Harkitnas 2018 dilaksanakan serentak di tiga kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Read 1610 times