Tuesday, 22 May 2018 00:00

Jintan Hitam Untuk Obat Kanker Mulut

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni kali ini akan menginformasikan kepada anda tentang Jintan Hitam untuk Obat Kanker Mulut. Jintan hitam (Nigella sativa L) atau habbatussauda dipercaya menjadi obat bagi bermacam penyakit terutama bagi kalangan Muslim. Khasiat habbatussauda ini bahkan disabdakan langsung oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam hadistnya. Terkait khasiat jintan hitam tersebut, tiga mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember, Rizky Putri Agma Wijayanti, Ari Intan Prajitno, dan Haifa Azzuhra Denanta meneliti potensi khasiat jintan hitam sebagai obat kanker mulut. Melalui kerja kerasnya, hasil riset ketiganya yang berjudul “Potensi Mesoprus Silica Nanoparticles Berbasis Thymoquinone Biji Jintan Hitam (Nigella Sativa L) Sebagai Induktor Apoptosis UMSCC-14C Oral Squamous Cell Carcinoma” telah berhasil merebut juara pertama kategori studi literatur dalam Moestopo Dentistry Scientific Competition Project 2018, yang diselenggarakan oleh FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta pada tanggal 22 dan 23 Maret 2018. “

Potensi jintan hitam sebagai obat sebenarnya sudah terbukti dan banyak diteliti, misalnya sebagai obat untuk kanker usus, kanker payudara, dan penyakit lainnya. Ketiga mahasiswa tersebut akhirnya terpikir untuk menjadikan jintan hitam sebagai obat kanker mulut. Menurut Rizky hampir 76 persen pasien kanker mulut datang untuk memeriksakan diri dalam kondisi yang sudah akut atau parah. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak yang tidak menyadari sudah terkena kanker mulut. Penyakit itu dapat terjadi karena ditimbulkan oleh antara lain karena kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol. Gejala kanker mulut awalnya mirip sariawan, berupa luka di rongga mulut berwarna kemerahan disertai dengan pinggiran luka yang agak meninggi. Namun masalahnya, jika jintan hitam dalam bentuk kapsul diminum begitu saja, maka efektivitasnya rendah sebab kandungan yang ada dalam jintan hitam tidak bisa langsung menuju pusat kanker mulut. Dalam karya tulis ilmiah tersebut, jintan hitam diekstraksikan menjadi minyak atau thymoquinone. Minyak hasil ekstraksi ini kemudian dimasukkan ke dalam mesoporus silika yang ukurannya sangat kecil atau nano partikel. Dengan cara ini diharapkan jintan hitam yang mengandung anti inflamasi, anti bakteri, anti kanker, dan membantu daya tahan tubuh dapat mengatasi kanker mulut.

Ternyata inovasi ketiga mahasiswi FKG Universitas Jember mendapatkan apresiasi dari para juri, yang kemudian memutuskan karya tulis ilmiah karya mereka sebagai juara pertama. Mereka telah menyisihkan sembilan tim lainnya yang berasal dari FKG Universitas Indonesia, FKG Universitas Airlangga, FKG Universitas Hasanuddin, dan tim lainnya..Ketiga mahasiswa FKG ini sudah sering mencetak prestasi di berbagai event lomba karya tulis ilmiah di Indonesia. Haifa sendiri telah menyabet juara pertama di ajang lomba karya tulis ilmiah yang digelar oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang tahun 2016. Sementara Rizky dan Ari menjadi juara kedua dalam ajang serupa di Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo tahun lalu.

Read 1228 times