Thursday, 24 May 2018 00:00

Manfaat Kulit Jeruk

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Berjumpa kembali dalam acara Warna Warni hari ini dengan tema Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan. . Jeruk Bali, jeruk besar atau Pomelo dalam istilah ilmiah disebut Citrus grandis, C. maxima merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Nama "pomelo" sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit. Di Indonesia ada beberapa kultivar Jeruk Bali unggulan yaitu 'Nambangan,'Srinyonya,'Magetan, 'Madu/Bageng (tanpa biji). Tiga kultivar yang pertama ditanam di sentra produksi jeruk bali di daerah Kabupaten Megetan dan Kabupaten Madiun, sedangkan yang terakhir ditanam di daerah Bageng , Kabupaten Pati.Jeruk bali merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun namanya adalah jeruk bali, namun sebenarnya jeruk ini perkembangbiakannya tidak banyak berada di bali, malahan berada di pulau Jawa. Sejarah pemberian nama dari jeruk bali pun kurang diketahui secara pasti. Buah jeruk bali memiliki isi yang mirip seperti jeruk pada umumnya, hanya ukurannya saja yang jauh lebih besar daripada jeruk biasa. Ukuran buah jeruk bali ini bisa sebesar buah melon ataupun semangka dengan bentuk yang bulat. Di Indonesia sendiri, buah jeruk bali agak jarang dan juga cukup sulit untuk ditemui, bahkan pada swalayan dan juga toko retail besar pun jarang ditemui. Meskipun cenderung sulit untuk diperoleh, namun jeruk bali memiliki banyak manfaat untuk kita. Berikut ini beberapa diantaranya sebagai media kreatifitas , mengobati sariawan, campuran bahan makanan, menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh,menghaluskan kulit dan sebagai masker wajah.

Sebagai media kreativitas,biasanya kulit dari jeruk bali sering digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan dan juga mainan anak-anak, seperti mobil – mobilan ataupun dibuat sebagai miniature kapal layar yang sangat cantik. Dari segi kesehatan, jeruk bali merupakan satu dari berbagai macam jenis buah yang mengandung antioksidan. Manfaat jeruk bali bagi kesehatan, sama seperti buah jeruk dan berbagai jenis buah-buahan pada umumnya yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tingginya kandungan vitamin C ini membuat jeruk bali juga sering dimanfaatkan untuk mengobati sariawan.

Jeruk bali, selain dapat dimakan begitu saja, juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan campuran makanan. Beberapa jenis makanan yang biasanya mengandung bahan utama jeruk bali adalah rujak buah. Jeruk bali memiliki kandungan senyawa yang bernama pectin yang diyakini mampu untuk menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh . Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada pada jeruk bali juga sangat efektif untuk menghaluskan dan juga menjaga kesehatan kulit anda. Jeruk Bali dapat juga anda manfaatkan untuk melakukan perawatan pada kulit wajah , dengan cara mengolahnya menjadi masker wajah.

Read 1409 times