Thursday, 05 August 2021 00:00

Latihan Militer Bersama Indonesia dan Amerika Serikat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dan membutuhkan kemampuan militer yang kuat untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.  Selain membutuh alat utama sistem senjata yang canggih -alutsista sebagai salah satu syarat pertahanan menjaga kedaulatan, Indonesia juga melakukan latihan militer bersama dengan negara lain guna meningkatkan kemampuan militer baik dari segi taktik, penggunaan persenjataan dan kemampuan personel. Untuk mewujudkan hal tersebut, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat –TNI AD melakukan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat di Sumatera Selatan. Latihan bersama ini bertajuk Garuda Sheild 15 / 2021’ yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan oleh kedua negara dan melibatkan 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 personel AD AS. Latihan ini diselenggarakan pada 1-14 Agustus 2021.

Dikutip dari Kompas (4/8), Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa didampingi Commanding General The United States Army Pacific, Jenderal Charles A Flynn saat membuka latihan bersama TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat, Rabu (4/8) di Pusat Latihan Tempur TNI AD, Martapura-Baturaja, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mengatakan bahwa Garuda Shield ke-15 tahun 2021 merupakan latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama militer antara Indonesia dan AS.

Sementara itu, berdasarkan informasi Kedutaan Besar Amerika Serikat, latihan militer ini bertujuan memperkuat Kemitraan Pertahanan Utama AS-Indonesia serta mendorong kerjasama dalam mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Selain itu, Amerika Serikat  juga meyakini Garuda Shield 2021 dapat memberikan peluang yang sangat baik untuk pertukaran profesional dan budaya yang memperkuat kemitraan kedua negara melalui pembelajaran dan pelatihan bersama.

Sejatinya, latihan bersama Garuda Shield yang pertama dilakukan di Bandung, Jawa Barat pada 2009 bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral dan dapat pula dikatakan sebagai bentuk riil dari diplomasi pertahanan untuk memperkuat hubungan militer kedua negara.  Selain dengan Amerika Serikat, Indonesia juga membangun latihan gabungan militer dengan berbagai negara tetangga seperti MALINDO dengan Malaysia yang kadang mengikut-sertakan negara lain seperti Singapura, Australia dan beberapa negara ASEAN lain. Tujuan  latihan militer ini adalah membangun kerjasama dan kemitraan strategis dengan berbagai negara. Selain itu, meningkatnya ketegangan di Laut Tiongkok Selatan bisa jadi latihan militer bersama dengan negara besar akan menambah kewaspadaan dan meningkatkan kemampuan personel militer Indonesia dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dari segi keamanan dan efek-efek ancaman dari luar wilayah Indonesia. Selain melakukan latihan militer bersama di Baturaja, Sumatera Selatan, TNI AD dan AD Amerika Serikat juga melakukan latihan di Amborawang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Makalisung, Minahasa, Sulawesi Utara.

Read 564 times Last modified on Wednesday, 11 August 2021 21:17