Tuesday, 10 August 2021 00:00

Tahun Baru Hijriah Momentum Ikhtiar untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

11 Agustus 2021, umat Islam merayakan tahun baru Hijriah 1443. Bagi Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Tahun Baru Hijriah menjadi momentum penting. Tahun Baru Islam tahun ini menjadi lebih istimewa, karena jatuh satu minggu menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekan Republik Indonesia  dan masih dalam masa berjuang  mengatasi pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo dalam sambutan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah menyampaikan harapannya  agar momentum  tahun baru 1 Muharam ini dapat dimanfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar melawan Covid-19. Dalam sambutan yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8), Kepala negara juga menyampaikan Proklamasi 17 Agustus 76 tahun yang lalu merupakan wujud hijrah bangsa Indonesia melepaskan diri dari kolonialisme untuk menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat. Presiden Joko Widodo menekankan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar lahiriah dan batiniah dalam melawan pandemi Covid-19.

Harapan Presiden Joko Widodo tentunya harus didukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Memang pandemi Covid-19 telah lebih menguatkan semangat gotong royong bangsa Indonesia. Tetapi itu saja tidak cukup. Kesadaran, kepatuhan dan kedisiplinan setiap orang di bumi Indonesia melaksanakan protokol kesehatan adalah hal utama. Ikhtiarnya itu justru yang akan membawa bangsa Indonesia bisa segera keluar dari pandemi Covid-19. Kedisiplinan dan kepatuhan  dalam  melaksanakan  protokol kesehatan saat ini bisa menjadi dasar untuk disiplin dan patuh menjalankan aturan, kebijakan, himbauan dalam segala bidang. Ikhtiar  terlihat sederhana, tetapi berkontribusi besar untuk Indonesia menjadi lebih tangguh dan terus tumbuh.

Hakikat dari pergantian tahun dan pertambahan usia adalah perubahan. Tentunya ke arah dan kondisi yang lebih baik. Hakikat itu  telah dituangkan dalam tema Peringatan Hari Ulang Tahun  ke-76 Kemerdekaan, yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Ini menjadi tugas dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkannya. Upaya itu bisa dibuktikan dengan mendukung  program percepatan vaksinasi. Melakukan kreasi dan inovasi  untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi yang terdampak Covid-19. Dengan ikhtiar seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali, diiringi dengan keyakinan dan doa, Insya Allah Indonesia akan semakin tangguh bisa segera keluar dari pandemi Covid-19, dan tumbuh dalam segala sektor.

Read 460 times Last modified on Wednesday, 11 August 2021 21:34