Tuesday, 12 June 2018 00:00

Smart Pasar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jaman sekarang ini, digitalisasi sudah merambah hampir pada semua lini dan aspek kehidupan. Teknologi digital pun sudah diterapkan di berbagai aspek, seperti pada Smart Pasar yang baru diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiago Uno, 2 Juni lalu. Sandiaga Uno meresmikan Pasar Pondok Indah du Pondok Pinang, Jakarta Selatan Sebagai “Smar Pasar”. Pasar pintar ini menggunakan teknologi digital hampir pada setiap aktivitas didalamnya. 

di Smart Pasar,  transaksi cukup dilakukan dengan ponsel atau tablet. Hanya saja pembeli dan penjual masing-masing harus memiliki aplikasi yakni OK OCE Genius untuk penjual dan T-money milik PT Telkom untuk pembeli. Pembeli akan memilih terlebih dulu barang yang akan dibeli, kemudian penjual akan memotret kode matriks dua dimensi atau Quick Response/QR Code yang tertera di aplikasi pembeli untuk memasukkan total harga ke dalam aplikasi. Harga tersebut nantinya muncul di aplikasi T-money pembeli dan saldo akan langsung berkurang sesuai harga yang harus dibayar. Perangkatnya sendiri berupa telpon genggam harus disiapkan sendiri oleh masing-masing pedagang karena tidak disuplai oleh Pemerintah Provinsi DKI.

 

keunggulan pasar ini bukan hanya dari metode pembayarannya yang non-tunai saja, karena pasar ini juga memiliki WiFi gratis yang bisa digunakan pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi menggunakan teknologi virtual reality di salah satu sudut pasar. Lampu-lampu yang digunakan di pasar ini juga bisa padam otomatis setelah tidak digunakan. Smart Pasar merupakan bagian dari program unggulan One Kecamatan One Centre Enterpreneurship (OK OCE) yang mengusung konsep cashless atau menggunakan uang elektronik untuk berbelanja. Program ini merupakan bentuk kerja sama antara OK OCE dengan PT Telkom, satu-satunya penyedia aplikasi pembayaran yang digandeng Pemprov.

 

Read 1014 times Last modified on Wednesday, 13 June 2018 20:59