Monday, 11 October 2021 00:00

”COVID19 di Indonesia Melandai, Mayarakat Jangan Lengah”

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Hingga saat ini, pemerintah 
Indonesia  masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM untuk menekan laju penyebaran Corona. Peraturan ini meliputi pembatasan aktivitas warga melalui penyekatan pintu masuk antarkota dan antar propinsi baik jalur darat laut maupun udara.

Langkah  tersebut, ternyata efektif menekan perkembangan kasus Corona (Covid19) di Indonesia.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang disiarkan Minggu  (10/10) melaporkan ada 894 kasus baru positif Corona yang dilaporkan terjadi dalam 24 jam terakhir.

Penambahan tersebut membuat total positif Corona di Indonesia menjadi lebih dari  4 juta  kasus sejak pertama ditemukan pada Maret 2020.

Pemerintah juga telah melakukan vaksinasi Corona bagi warga. Hampir 100 juta dari sekitar 270 juta  penduduk Indonesia telah disuntik vaksin Covid19 dosis pertama dan lebih dari  separuhnya telah menerima dosis lengkap. Pemerintah menargetkan setidaknya  200 juta  warga tervaksinasi.

Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menyebut penurunan kasus COVID-19 Indonesia, layak bersanding dengan dengan sejumlah negara yang sempat mengalami lonjakan kasus COVID-19 dan sukses menurun dalam waktu terhitung singkat seperti India, Jepang, Vietnam, dan Turki. Lonjakan kasus di Indonesia disebut sukses ditekan hingga 90 persen dalam waktu sebulan dan bertahan hingga lima bulan terakhir.

Indonesia memang terbilang cukup baik dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19 kedua, dibandingkan negara-negara lain yang juga diserang varian Delta. Meski harus diakui,  terdapat banyak faktor yang memengaruhi penanganan COVID-19 di setiap negara berbeda

Capaian yang dilakukan Pemerintah Indonesia  tersebut patut diapresiasi. Namun, agar  kasus Covid bisa terus ditekan, masyarakat hendaknya mematuhi imbauan Pemerintah untuk tetap menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19.  Yaitu mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menekankan, meski pandemi ini mulai melandai, masyarakat  Indonesia hendaknya tidak lengah  dan tetap  waspada. Mengacu kepada sejumlah negara yang  saat ini tengah menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid-19,  potensi tersebut   bisa terjadi kapan saja.




Read 456 times Last modified on Tuesday, 12 October 2021 09:30