Monday, 18 October 2021 00:00

Pekan Olahraga Nasional XX Berakhir dengan Sukses

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pekan Olahraga Nasional [PON]  XX Papua yang berlangsung dari tanggal 2-15 Oktober telah ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin. Bertempat di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, pada Jumat malam (15/10), Wakil Presiden memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan pesta olahraga multievent  terbesar di indonesia yang telah berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.  Ma’ruf Amin yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah menjadi tuan rumah yang hangat bagi kontingen dari daerah lain. Berdasarkan sejarah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional, PON XX Papua  adalah ajang olahraga terbesar skala nasional pertama yang diselenggarakan di Papua. Walaupun baru pertama kali menjadi tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional, Papua dinilai tidak hanya sukses menjadi penyelenggara kegiatan tetapi juga sukses menorehkan prestasi olahraga dengan berada di posisi empat besar klasemen dari sebelumnya peringkat delapan pada Pekan Olahraga Nasional ke-XIX, tahun 2016.

Dalam sambutannya Wakil Presiden juga menegaskan keberhasilan Papua membuktikan bahwa  bumi Papua tidak saja kaya, tapi penuh talenta. Talenta yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Papua. Menurutnya, Kesuksesan PON XX Papua juga mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang harus di dijaga dan dirawat bersama-sama.

Pada kesempatan ini, Ma’ruf Amin juga menyampaikan selamat kepada semua atlet, ofisial dan pendukung atas pencapaian yang membanggakan pada PON XX ini, khususnya keberhasilan pemecahan beberapa rekor cabang olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.

Menurut catatan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali ada sekitar 90 rekor, baik nasional maupun PON, yang dipecahkan dari cabang-cabang Atletik, Renang, Angkat Besi, Menembak dan Angkat Berat, dan Selam. Rekor-rekor yang dicatatkan sebagian besar masuk dalam cabang-cabang olahraga unggulan Desain Besar Olahraga Nasional  yang telah disusun Kemenpora bersama stakeholder olahraga sebagai pedoman pembinaan prestasi olahraga nasional.

Desain Besar Olahraga Nasional telah ditandatangani Presiden Joko Widodo  pada Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-38 pada tanggal 9 September 2021 Tujuannya,  untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat; meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional; dan memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga. Dengan adanya Desain Besar Olahraga Nasional pemerintah daerah akan bisa lebih fokus dalam melakukan pembinaan pada cabang olahraga tertentu. Pembinaan yang baik dan berkesinambungan diharapkan akan dapat menorehkan prestasi dengan rekor-rekor baru baik tingkat nasional maupun internasional seperti yang telah dicapai di PON XX Papua. Bahkan ditargetkan Indonesia dapat menempati posisi ke-5 dalam Olimpiade dan Paralimpiade 2044.

Read 485 times Last modified on Tuesday, 19 October 2021 08:12