Friday, 13 July 2018 00:00

Lagu Daerah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Pelangi Nada. Kali ini, hadirkan lagu-lagu dari provinsi Kalimantan Timur. mengawali perjumpaan, kami hadirkan lagu berjudul “Lembuswana” oleh Nadira. Lagu “Lembuswana” menceritakan tentang lambang kerajaan Kutai Karta negara, yaitu Lembuswana. Lembuswana adalah makhluk berkepala singa, bermahkota, berbelalai gajah, dan bersayap garuda. Walau hanyalah makhluk mitos, masyarakat tetap mempercayai Lembuswana sebagai simbol sifat-sifat pemimpin yang mulia

demikianlah “Lembuswana” oleh Nadira. Lagu berikut yang akan kami putarkan berjudul “Burung Enggang” . Liriknya menceritakan tentang satwa langka khas provinsi Kalimantan Timur, yaitu burung enggang. Burung enggang berbulu indah dan bergerak bak seorang penari. Karena keindahannya, burung enggang banyak diburu orang. Burung enggang melambangkan kesetiaan dan tanggung jawab masyarakat Dayak. Pendengar kita dengarkan Efendy Dinda dengan “Burung Enggang”. Selamat mendengarkan.

Demikianlah “Burung Enggang” oleh Efendy Dinda.

Pendengar, tema lain yang juga muncul dalam lagu dari daerah Kalimantan Timur adalah rindu kampung halaman. Seperti tertuang dalam lirik lagu “Dendam Kampoeng” . Lagu yang dibawakan oleh Syafa Meisya ini menceritakan kerinduan terhadap kampung halaman. Kampung adalah tempat menari, bersenda gurai, dan bernyanyi. Kampun halaman juga adalah tempat menghabiskan masa kecil dahulu. Biarpun sedang merantau, kampung halaman jangan sampai dilupakan. Inilah Syafa Meisya dengan “ Dendam Kampoeng”

mengakhiri Pelangi Nada kali ini, saya putarkan lagu berjudul “Nasi Bekepor” oleh Nadira. Lagu ini menceritakan tentang nikmatnya makanan khas Kalimantan Timur yaitu “Nasi Bekepor”. Semoga lagu-lagu yang kami sajikan kali ini, bukan hanya menambah infomrasi tentang musik di Indonesia, tetapi juga tentang Indonesia, khususnya Kalimantan Timur.

Read 1894 times
More in this category: « Nia Daniaty Noah »