Tuesday, 17 July 2018 09:25

KBRI Roma Buka Akses Produk UKM Jatim

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kedutaan Besar RI Romamemfasilitasi pertemuan misi dagang antara Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Jawa Timur dengan mitra di Italia untuk membuka akses pasar produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah Jawa Timur, seperti tekstil dan garmen, kulit, kerajinan tangan, serta perhiasan. Komisioner Kamar Dagang  Napoli, Girolamo Petrone, saat membuka Forum Bisnis dan Pertemuan Business-to-Business di Napoli, mengajak pengusaha Italia memperluas usahanya ke Indonesia. Fungsi Penerangan Kedutaan Besar RI Roma, Aisyah M Allamanda, kepada Antara London, Sabtu (14/7) melaporkan, Girolamo Petrone mengatakan, pasar yang potensial dan stabil dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di atas lima persen pada satu dekade terakhir menjadikan Indonesia sebagai mitra investasi dan produksi. Sementara itu, Wakil Presiden Perusahaan Carpisa, Carlo Palmieri, mengungkapkan, produsen tas dari Napoli sedang menjajaki kemungkinan investasi untuk memproduksi Carpisa di Indonesia. Ia menambahkan, besarnya pasar di Indonesia merupakan faktor penting yang tidak dapat diabaikan untuk ekspansi bisnis. Menurut Pejabat Ekonomi Kedutaan Besar RI Roma, Aries Asriadi, misi dagang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Jawa Timur difokuskan untuk menggarap pasar di wilayah selatan Italia, terutama Napoli, yang lebih sesuai untuk pengembangan kerja sama dagang produk-produk Usaha Kecil dan Menengah Indonesia.

Merk pakaian pria asal Indonesia ini perluas pasar sampai ke Amerika
Kementerian Perdagangan
RI melalui Indonesian Trade Promotion Center Los Angeles berupaya memperluas pasar pakaian pria di Amerika Serikat dengan melakukan tour motor "UnionRide 2018" di Pantai Barat negara tersebut. Kepala Indonesian Trade Promotion Center Los Angeles, Antonius Budiman, mengatakan, tour motor tersebut merupakan kerja sama dengan Unionwell yang merupakan produk pakaian dengan aksen khas Indonesia dan Unity. Perjalanan tur tersebut dimulai dari Los Angeles, Las Vegas, Grand Canyon, Joshua Tree, Venice Beach, dan kembali ke Los Angeles. Antonius Budiman dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, Minggu (15/7) menyebutkan, Tour UnionRide merupakan bagian dari rangkaian strategi promosi Unionwell di Amerika. Mereka  berupaya memperluas pasar pakaian pria di Amerika Serikat memasuki pasar komunitas pecinta budaya motor dan seni jalanan. Unionwell merupakan produk pakaian jalanan dengan aksen khas Indonesia yang dikemas secara vintage sehingga membuat Unionwell berbeda dengan produk semacam lainnya di pasaran. Tour UnionRidediramaikan dengan motor Harley Davidson, Triumph, dan Motoguzzi, serta mobil Dodge Charger dan GMC Yukon.Selamaini, Indonesia berperan sebagai produsen untuk label pribadi di Amerika. Namun, jika merek lokal dapat menembus pasar internasional, maka produsen akan memiliki independensi untuk menentukan harga dan keuntungan.

Dubes Arab Saudi dianugerahi doktor kehormatan UPI

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Osama Mohammed Abdullah Alshuaibi, dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa tersebut dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, Senin (16/7), disaksikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Mohamad Nasir. Seperti dilaporkan Antara, gelar itu diberikan kepada Duta Besar Arab Saudi dalam bidang Pendidikan Umum dan Karakter sebagai penghargaan dan pengakuan atas dedikasi dan prestasinya dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Selain itu, juga karena jasa-jasanya yang begitu besar untuk umat Islam Indonesia, baik dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, maupun keagamaan. Duta Besar Osama Mohammed Abdullah Alshuaibi juga dianggap berjasa menambah kuota haji Indonesia hingga 50.000 visa dan atas prakarsanya, moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke Arab Saudi dicabut.

Read 1026 times