Thursday, 19 July 2018 09:03

Menlu RI-Menlu Papua Nugini Akan Bahas Isu Perbatasan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Papua Nugini Rimbink Pato di Jakarta, hari ini, Kamis (19 Juli) sore. Melalui konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu (18 Juli), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, menjelaskan, isu yang akan diangkat pada pertemuan bilateral kedua menteri luar negeri adalah isu perbatasan. Selain itu, kedua Menteri Luar Negeri juga akan membahas hasil dari pertemuan joint border committee antara Indonesia dan Papua Nugini.

Beberapa isu yang nantinya akan menjadi perhatian kedua menteri besok. Pertama adalah terkait dengan pengelolaan perbatasan. Kita memiliki border yang cukup panjang dengan PNG di mana di situ juga ada potensi – potensi ekonomi yang besar dan juga isu – isu perbatasan, cross border isu di situ. Selain itu, tentunya kedua menteri juga akan membahas hasil dari pertemuan joint border committee yang telah dilaksanakan pada bulan April lalu.”

Selain isu perbatasan, menurut Arrmanatha Nasir, upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan juga akan menjadi perhatian kedua menteri luar negeri dalam pertemuan bilateralnya. Salah satu aspek yang akan ditingkatkan melalui kerja sama ekonomi dan perdagangan tersebut adalah interaksi antarpelaku bisnis di kedua negara. Nilai perdagangan antara Indonesia dan Papua Nugini pada tahun 2017 tercatat mencapai 208,89 juta Dollar Amerika Serikat, meningkat dibandingkan tahun 2016 yang tercatat hanya 179, 2 juta Dollar Amerika Serikat. Rezha

Read 375 times Last modified on Friday, 20 July 2018 07:17