Friday, 20 July 2018 08:13

Indonesia Dan Mikronesia Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Indonesia dan Mikronesia sepakat meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi dan konektivitas khususnya dalam penerbangan antar negara. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat Rabu, 18 Juli 2018. Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo menawarkan pesawat buatan Indonesia, yaitu pesawat N219 Nurtanio. Menurut presiden Joko Widodo, peningkatan konektivitas tersebut penting  karena Indonesia dan Federasi Serikat Mikronesia sama-sama negara kepulauan.

Kedua Negara juga  sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi salah satunya dengan cara mengundang pengusaha-pengusaha Federasi Serikat Mikronesia untuk hadir di Trade Expo Indonesia 2018.

“Kita sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai forum di Pasifik Selatan, antara lain melalui kerja sama di Pacific Island Forum. Dalam pertemuan bilateral kita membahas berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral. Yang pertama sebagai sesama negara kepulauan kita sepakat meningkatkan kerja sama di bidang maritim dan peningkatan konektivitas antarpulau. Indonesia juga menawarkan pesawat N219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antarpulau. Presiden Christian Kamis  berkunjung ke PT Dirgantara  di Bandung. Yang kedua di bidang ekonomi kita sepakat meningkatkan interaksi pengusaha kedua negara. Dalam kaitan ini saya mengundang pebisnis Federasi Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018.”

Sementara itu, Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian menyambut baik berbagai tawaran kerja sama dari Indonesia. Christian mengatakan, pihaknya ingin lebih berguna dalam rangka mendekatkan hubungan kedua negara berkembang ini. Hubungan kedua negara juga ditingkatkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang bebas visa antara Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi dengan Perwakilan Kementerian Luar Negeri Federasi Serikat Mikronesia Lorin Robert. Federasi Mikronesia adalah negara kepulauan yang meliputi negara bagian Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae, yang tersebar di Samudra Pasifik Barat. Negara dengan 607 pulau itu berada di sebelah timur laut Pulau Papua, selatan Guam dan Kepulauan Mariana, barat Nauru dan Kepulauan Marshall, sebelah timur dari Filipina.

Presiden Mikronesia berkunjung ke Indonesia dari 17 hingga 24 Juli. Di sela-sela kunjungan kenegaraan, Presiden Mikronesia, Peter Christian juga berencana berkunjung ke Maluku pada 21 Juli, karena ia adalah keturunan Ambon generasi ketiga di Mikronesia.

Read 1062 times