Friday, 22 July 2022 13:19

Dengan Food Estate, Indonesia Bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Edi Santosa optimistis program Food Estate mampu mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia seperti yang dicita-citakan Kementerian Pertanian.  Ia mengatakan, Pemerintah Indonesia berupaya mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia atau world food storage pada 2045. 

Mengutip laporan Kantor Berita Antara, Edi Santosa  dalam keterangannya  mengatakan, Indonesia sebagai lumbung pangan dunia sangat mungkin terealisasi, syaratnya harus memiliki kesungguhan dan keseriusan untuk mewujudkannya. Menurut Edi, Food Estate akan menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, program ini diharapkan memiliki daya saing tinggi. Edi Santosa menambahkan, food estate harus dibangun dengan daya saing, sehingga nantinya mendukung cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. 

Pemerintah  Indonesia telah menetapkan wilayah food estate di dua provinsi yaitu Kalimantan Tengah, tepatnya Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Serta Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu pemerintah juga berencana memperluas program food estate ke Provinsi Sumatera Selatan, dan Papua. 

Sementara itu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Yadi Sofyan Noor menyatakan pembangunan Food Estate di Kalimantan Tengah bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara kuat di dunia.

Menurut Yadi Sofyan Noor, program yang dikembangkan Kementerian Pertanian tersebut sudah menunjukkan kemajuan hasil yang maksimal. Berdasarkan data yang dihimpunnya, rata-rata penyusutan lahan di Indonesia mencapai 150.000 hektare per tahun. Sementara data cetak sawah di bawah 100.000 hektare, tepatnya 60.000 per tahun, Namun dengan adanya food estate, pencetakan sawah bertumbuh lebih cepat dan lebih maksimal.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pengembangan Food Estate merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, sebagai langkah antisipasi menghadapi adanya krisis pangan.

Konsep pengembangan food estate yakni dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu Kawasan.

Sekian Indonesiaku. Antara

Read 367 times
More in this category: « Indonesiaku