Wednesday, 25 July 2018 00:00

Sapasang, Sajadah Pelepah Pisang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pisang merupakan suatu komoditi yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Yang menjadi alasan digemari buah yang berwarna kuning ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan juga memiliki kandungan gizi serta vitamin yang cukup untuk menyehatkan badan. Pohon pisang merupakan tanaman yang multiguna. Hal ini disebabkan karena setiap bagian dari pohon pisang bermanfaat mulai dari daun, buah, batang, maupun akarnya. Namun, pemanfaatan pohon pisang selama ini masih kurang optimal, karena masyarakat cenderung hanya memanfaatkan daun, buah, maupun akarnya sementara batang atau pelepahnya jarang digunakan. Pemanfaatan pelepah pisang selama ini masih bersifat konvensional seperti digunakan sebagai tali pengikat, wayang kulit, pakan ternak, rakit, perlengkapan pada ritual budaya (pernikahan) serta kegiatan keagamaan dan sebagian dibiarkan membusuk begitu saja, sehingga menjadi limbah.

Pelepah pisang memiliki banyak serat, bertekstur, dan kuat. Hal ini menunjukan pelepah pisang berpotensi untuk dikembangkan menjadi bahan baku produksi. Melihat potensi ini, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta-UNY mengembangkan pelepah pisang menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai tambah. Produk tersebut berbentuk sajadah yang dinamai ‘Sapasang’ (Sajadah Pelepah Pisang).'Sapasang' dikembangkan oleh Erni Nur Bayinah dan Selvia Zuni Murningsih dari Program studi-Prodi Manajemen Pendidikan, Novia Haryani Prodi Psikologi, Nursyifa Sundari Prodi Biologi dan Vina Mathlaul Ilma dari Prodi Pendidikan Ekonomi.

Proses pembuatan Sapasang dimulai dari tahapan pengeringan pelepah pisang hingga kadar airnya kurang lebih 20 persen, lalu dijemur selama tujuh hari dan dipotong-potong. Lalu, pelepah dianyam jadi sajadah dan dilapisi kain perca agar empuk. Pola didesain dan digambar, lalu dilukiskan di sajadah. Tahap terakhir baru dikemas dan dipasarkan.Sajadah sendiri adalah alat yang biasanya digunakan kaum Muslim untuk menjaga agar tetap terjaga kebersihannya ketika melaksanakan salat. Sajadah pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar untuk mengkover seluruh bagian tubuh ketika melakukan sujud agar tetap bersih selama salat. Ukuran sajadah pada umumnya 0.91 m × 1.5 m atau 1.2 m × 1.8 m.

Read 1037 times