Friday, 11 November 2022 07:37

Menteri Pariwisata Optimistis Kunjungan Wisatawan Mancanegara Terus Meningkat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

(voinews.id) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno optimistis tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia akan terus meningkat. Hal itu dikatakannya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang diselenggarakan secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Kamis. Ia mengungkapkan, hingga September 2022 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 2,4 juta.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara September 2022 naik signifikan sebesar 10,8 persen, mencapai 538 ribu pengunjung. Kunjungan wisman ini dibanding sebelumnya naik 5,5 persen, Berarti September meneruskan satu trajectory yang sangat positif. Dengan capaian di bulan September ini berarti total angka sepanjang 2022 adalah 2,4 juta pengunjung, kata Sandiaga

Sandiaga Uno menambahkan, target batas atas 3,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini dapat terpenuhi, jika angka 500 ribu kunjungan wisatawan per bulan dapat dipertahankan hingga akhir tahun. Lima negara terbesar asal wisman adalah Australia, Singapura, Malaysia, India dan Inggris.

Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk membangkitkan kembali industri pariwisata, di antaranya pembebasan persyaratan tes PCR bagi pelaku perjalanan internasional yang sehat pada saat kedatangan, pembebasan persyaratan karantina untuk wisatawan yang sudah vaksinasi lengkap, pemberlakuan visa on arrival khusus wisata untuk 86 negara sejak September 2022, bebas visa untuk negara anggota ASEAN, dan second home visa. Tahun 2023, Indonesia menargetkan 3,5 juta sampai dengan 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara.

 

Read 209 times Last modified on Friday, 11 November 2022 07:49