Monday, 30 July 2018 11:08

Asian Games Berikan Dampak Positif Bagi Perekonomian Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai dengan 2 September  mendatang, Indonesia bersiap untuk menampilkan yang terbaik dan memastikan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan berjalan dengan lancar. Sebanyak 45 negara mengirimkan lebih dari 11.000 atlet dan 5.000 ofisial dalam pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam Forum Merdeka Barat 9 yang digelar di Jakarta, Minggu (29 Juli) mengatakan, besarnya perhelatan Asian Games 2018 akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat Indonesia, terutama di Jakarta dan Sumatra Selatan. Dampak positif tersebut antara lain  terciptanya lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.

“ Kegiatan ekonomi itu akan menciptakan lapangan kerja, akan menciptakan pertumbuhan ekonomi dan akan memperbaiki pendapatan masyarakat. Jadi ketika LRT Palembang dibangun misalkan, atau Jakabaring direnovasi, ditambahkan misalkan, kalau tidak salah gedung bowling, maka akan tercipta lapangan kerja. Pasti ada orang yang mengerjakan LRT, tempat bowling, maupun sarana lainnya di Jakabaring. Ada dampak pertumbuhan ekonomi. Ekonomi Jakarta gara – gara Pak Sandi nambah, memperbaiki Pulomas dan Rawamangun, LRTnya pasti akan membuat dampak positif terhadap ekonomi Jakarta sendiri. Dan yang paling penting memperbaiki pendapatan masyarakat “.

Lebih lanjut Bambang Brodjonegoro menjelaskan, Asian Games 2018 juga bisa memberikan tambahan output bagi perekonomian Jakarta periode 2015-2019 sebesar 40,6 triliun. Output tersebut didapat dari kegiatan konstruksi, persiapan sarana dan prasarana, kegiatan operasional penyelenggaraan, serta kegiatan pengunjung domestik dan mancanegara. Asian Games juga diperkirakan akan menambah produk domestik regional bruto DKI Jakarta riil sebesar 14 triliun rupiah selama periode 2015-2019. Sementara itu bagi Sumatra Selatan, Bambang Brodjonegoro memperkirakan, Asian Games 2018 akan menambah produk domestik regional bruto riil mereka sampai dengan 4,2 triliun rupiah. Asian Games 2018 juga berpotensi meningkatkan output perekonomian Sumatra Selatan pada periode 2015-2019. Output tersebut didapat dari kegiatan konstruksi persiapan sarana dan prasarana, kegiatan operasional penyelenggaraan, dan kegiatan pengunjung domestik dan mancanegara. Rezha

Read 912 times