Tuesday, 31 July 2018 09:28

UCLG-ASPAC Implementasikan Pengembangan Ruang Publik di Surabaya

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Asosiasi Organisasi Pemerintah Daerah se-Asia Pasific atau dikenal "United Cities and Local Governments Asia-Pacific" (UCLG-ASPAC) mengimplementasikan proyek pengembangan ruang publik di Kota Surabaya, Jawa Timur.  Media and Communication UCLG-ASPAC Fulvia, di Surabaya, Selasa, mengatakan saat ini yang baru dilakukan UCLG-ASPAC adalah kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah di Indonesia terkait implementasi program pembangunan berkelanjutan atau "Sustainable Development Goals" (SDGs). Diklatakannya, untuk Surabaya, telah dilakukan implementasi proyek dalam pengembangan ruang publik di daerah Kedinding, Keputih dan Ketandan. Sedangkan di kawasan Asia Selatan, proyek sanitasi. Untuk itu pihaknya memilih Kota Surabaya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kongres internasional UCLG-ASPAC ke-7 yang digelar pada 11-15 September 2018.
Menurut Fulvia, kongres dua tahunan ini akan mempertemukan para pemimpin daerah atau aktor-aktor kunci pembangunan di Negara se-Asia Pasifik, dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Peringati Hari Harimau Sedunia, Jatim Park 2 Gelar Lomba Lukis Wajah.

Dalam rangka memperingati “World Tiger Day” hari harimau sedunia, di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 Kota Batu Jawa Timur, Minggu (29/7/2018) menggelar lomba face painting  (lomba lukis wajah mirip harimau). Dalam acara tersebut sebagian  para pengunjung dan karyawan Jatim Park 2 ikut andil mengikuti lomba  face painting.  Selain di gelar lomba face painting, penyelenggara juga menyediakan papan untuk membubuhkan cap tangan bagi para pengunjung. Agus Mulyanto  General Manager  Jatim Park 2 mengatakan para pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia ikut menyemarakan “World Tiger Day” hari harimau sedunia, di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, para pengunjung sangat antosias. Ia mengatakan, dari 9 subspesies harimau saat ini  hanya tersisa 6 subspesies yaitu  harimau Siberian (subspecies terbesar) Harimau Bengala, Harimau Indo-china , Harimau China selatan,  Harimau Malaya dan  Harimau Sumatera. Sedangkan dua subspecies yang telah punah tersebut merupakan Harimau endemic Indonesia. Sementara subspecies Harimau yang telah punah  diantaranya Harimau Kaspia,  Harimau Jawa dan  Harimau Bali.  Dengan peringatan  ‘World Tiger Day’ atau Hari Harimau sedunia, ia berharap  agar para pengunjung dan masyarakat seluruhnya dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga populasi Harimau.

Di Hari Anti Narkotika Internasional, BNNP Jabar Musnahkan 620 Kg Ganja dan 6,2 Kg Sabu. 

Ratusan Kilogram narkoba jenis Ganja dan 6 kilogram lebih Sabu, dimusnahkan Badan Narkotika Nasional BNN Provinsi Jawa Barat, tepat pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional, di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (30/7/2018). Narkoba yang dimusnahkan itu, merupakan hasil pengungkapan kasus pada rentang waktu Maret hingga Juli 2018. Penjabat Gubernur Jawa Barat M. Iriawan yang didampingi Ketua BNNP Jawa Barat Brigjen Pol Rusnadi mengungkapkan, peredaran narkoba saat ini khususnya di Jawa Barat cukup luar biasa. Dikatakan M Iriawan, Indonesia masih ada waktu untuk melakukan perang terhadap peredaran narkoba. Untuk itu, pihaknya meminta agar penanganan dan pemberantasan narkoba menjadi atensi semua pihak, sehingga Indonesia khusus Jawa Barat yang kini sudah menjadi wilayah transit dan produsen, tidak  menjadi negara yang dikuasai kartel narkoba seperti Colombia dan Amerika Latin.  Sementara itu Ketua BNNP Jawa Barat Brigjen Pol Rusnadi mengungkapkan, narkoba yang dimusnahkan disita dari 10 orang tersangka. Mereka jelas Rusnadi, merupakan jaringan sindikat narkoba nasional hingga internasional. Berbagai cara mereka lakukan untuk menyelundupkan narkoba, baik antar wilayah provinsi maupun negara. Sedangkan narkoba yang dimusnahkan itu antara lain 620 kilogram lebih ganja asal Aceh siap edar serta 6 kilogram lebih sabu asal luar negeri. Ada 10 orang tersangka dari 4 kasus dan mereka merupakan jaringan peredaran di wilayah Jawa Barat dan Sumatera.

Read 1079 times