Saturday, 04 August 2018 06:19

“Qatar Investasi di Pariwisata Indonesia.”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Qatar menginvestasikan 500 juta dolar Amerika untuk pengembangan pariwisata di Indonesia, khususnya di lima destinasi wisata prioritas. Lima destinasi wisata itu adalah Danau Toba, Banyuwangi, Labuan Bajo, Borobudur dan Mandalika. Komitmen itu tertuang dalam penandatanganan kerja sama yang ditandatangani oleh CEO Qatar Investment Authority (QIA) Sheikh Abdulla bin Mohammed bin Saud Al-Thani dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Rabu (1/8).

Usai penandatangan Menteri Luhut mengatakan, sebagai langkah awal Qatar akan membangun hotel bintang lima di Mandalika, provinsi Nusa Tenggara Barat. Sementara itu Chief Executive Officer (CEO) QIA Sheikh Abdullah bin Mohammed bin Saud Al Thani mengatakan, Pemerintah Qatar melalui Qatar Investment Authority (QIA) siap mengeluarkan dana cukup besar untuk berinvestasi di 10 destinasi wisata di Indonesia yang disebut sebagai Bali Baru. Menurut Sheikh Abdullah berapapun angkanya Qatar akan berikan untuk 10 destinasi wisata Indonesia tersebut.

Sheikh Abdullah menambahkan, biaya investasi tanpa batas itu telah siap diberikan Qatar Investment Authority sejak penandatanganan perjanjian diselesaikan. Untuk itu, tak ada jangka waktu pasti perihal investasi 10 Bali Baru tersebut. Adapun investasi yang dilakukan oleh Qatar Investment Authority meliputi pembangunan hotel dan juga infrastruktur penunjang di kawasan destinasi baru yang dicanangkan pemerintah.

Sheikh Abdullah bin Mohammed bin Saud menaruh harapan besar terhadap komitmen kerja sama itu. Ia mengatakan, rencana Indonesia untuk membangun dan mengembangkan industri kepariwisataannya menjadi peluang menarik bagi Qatar untuk memperkuat portofolio investasi negara itu di seluruh dunia, khususnya di bidang pariwisata. Sheikh Abdullah berharap dapat bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk mengidentifikasi dan mengembangkan proyek yang akan semakin menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata utama dunia. 

Selain komitmen investasi di bidang pariwisata, negara dari kawasan Timur Tengah itu ingin berinvestasi di bidang pertanian dan perikanan di Kalimantan Tengah. Qatar juga berminat untuk membuka penerbangan langsung ke Banda Aceh sekaligus membangun akuakultur di Sabang.

Dari sektor pertahanan, Qatar juga menyampaikan keinginan untuk investasi pembangunan kapal, perahu karet untuk tentara khusus hingga pembuatan peluru.

Read 838 times