Tuesday, 14 August 2018 00:00

Hari Pramuka

Written by 
Rate this item
(0 votes)

14 Agustus diperingati sebagai hari pramuka Indonesia. Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung, Jawa Barat. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi cikal bakal kepanduan Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926. Kehadiran Gerakan Pramuka di Indonesia mendapat tempat penting bertolak pada ketetapan MPRS No. II/ MPRS/ 1960. Presiden Sukarno memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana Merdeka pada 9 Maret 1961, untuk lebih mengefektifkan kepanduan sebagai komponen penting dalam pembangunan bangsa. 

14 Agustus 1961, Presiden RI, Ir. Soekarno melantik Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwarnas (kwartir nasional), dan Kwarnari (kwartir nasional harian). Pelantikan ini kemudian disusul dengan penganugerahan panji-panji Kepramukaan dari Presiden RI dan defile akbar oleh anggota pramuka di Jakarta. Semenjak itu, 14 Agustus diperingati sebagai hari pramuka setiap tahunnya. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani. Selain itu pendirian Pramuka bertujuan juga untuk membentuk setiap pramuka menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna. Diharapkan mereka dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

Perayaan Hari Pramuka dilakukan melalui berbagai macam kegiatan kepramukaan di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, kwartir daerah, hingga di tingkat nasional. Rangkaian peringatan Hari Pramuka tahun ini sudah dimulai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, 5 Agustus Lalu. Puncak Peringatan Hari Pramuka ke 57 dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018 di Lapangan Gajahmada Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur. Tahun ini Hari Pramuka mengambil Tema "Pramuka Perekat NKRI". Sedang Logo peringatan tahun ini mengambil gambar anyaman tali membentuk angka 57 berwarna merah sebagai penanda tahun 2018 ini merupakan peringatan Hari Pramuka yang ke-57. Angka 57 berbentuk seperti tali yang tersambung dan saling menganyam, melambangkan Pramuka sebagai perekat NKRI.

 

Read 1063 times Last modified on Tuesday, 14 August 2018 14:08