Thursday, 31 August 2023 14:44

Pianis Jefri Setiawan Pecahkan Rekor Dunia di Australia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Jefri Setiawan sedang memainkan piano dengan mata tertutup di Sydney, Australia, Kamis (31/8/2023). (Foto: Kemlu RI) Jefri Setiawan sedang memainkan piano dengan mata tertutup di Sydney, Australia, Kamis (31/8/2023). (Foto: Kemlu RI)

VOInews, Jakarta: Pianis Indonesia Jefri Setiawan kembali memecahkan rekor dunia dalam bermain piano, Rabu (30/8/2023) lalu. Ia meraih rekor mengingat lagu saat bermain piano dengan mata tertutup terlama di dunia, selama 90 menit. Pemecahan rekor diadakan dalam sebuah acara di Master Piano Institute, Sydney, Australia.

 

Rencananya, Jefri diminta menghafal dan memainkan 170 lagu melalui piano selama 90 menit tanpa henti dengan mata tertutup. Namun, setelah 45 lagu, dewan juri menyatakan bahwa pria 17 tahun telah berhasil memenuhi syarat rekor. Beberapa lagu yang dimainkan mulai “Gugur Bunga” karya Ismail Marzuki, “Fix You” dari Coldplay”, hingga lagu ciptaannya sendiri.

 

"Penampilan Jefri yang memainkan piano secara terus-menerus, menghafal puluhan lagu sambil mata ditutup dengan kain, adalah pencapaian yang sangat membanggakan," kata Malathi Madhavan, salah satu dewan juri dari Universal Records Forum (URF), dikutip rilis Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney yang diterima di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

 

Remaja 17 tahun asal Kendal, Jawa Tengah ini akhirnya meraih berbagai penghargaan sekaligus atas pencapaiannya. Selain rekor dunia World Talent Book, ia juga tercatat di URF Asian Records. Jefri juga dianugerahi salah satu dari "Top Talent of The Year 2023" versi American Book of Records.

 

Jefri Setiawan dengan piagam rekor URF Asian Records usai penampilannya di Sydney, Australia (Foto: Kemlu RI)

 

Acara pemecahan rekor Jefri di Sydney diselenggarakan oleh KJRI Sydney dan Universitas Gunadarma serta Universitas Yarsi Jakarta. Acara tersebut dihadiri pihak penyelenggara serta masyarakat Indonesia yang berada di kota terbesar di Australia itu. Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana, mengapresiasi Jefri dan menganggap pencapaiannya sebagai kebanggaan Indonesia.

 

“Jefri merupakan kebanggaan bangsa Indonesia karena telah memberi kontribusi banyak dalam memperkenalkan Indonesia di luar negeri. Hal ini patut mendapat dukungan dari semua pihak dan kebehasilan Jefri ini juga telah memberi inspirasi bagi anak muda Indonesia termasuk WNI dan diaspora di Australia,” kata Vedi.

 

Jefri mengungkapkan bahwa pencapaian ini tak lepas dari dukungan berbagai elemen, termasuk pihak penyelenggara dan orang-orang terdekatnya. Ia juga menyebut dukungan dan doa dari sang ayah sebagai faktor yang membawanya berada pada posisi ini. "Atas kebaikan hati banyak orang, akhirnya saya berada di tahap ini," ujarnya.

 

Sebelumnya, Jefri telah beberapa kali mencetak rekor dalam karier bermusiknya di bidang piano. Tahun 2018 lalu, ia berhasil memainkan 100 lagu selama 3 jam dengan mata tertutup di Berlin, Jerman. Selain itu, ia juga pernah mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

Read 173 times Last modified on Wednesday, 06 September 2023 15:59