Tuesday, 28 November 2023 04:31

Kemenparekraf Siapkan Langkah Mitigasi Jelang Libur Nataru

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews.id, Jakarta: Kemenparekraf menyiapkan Langkah mitigasi dalam menyambut Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 yang diperkirakan akan berlangsung di Tengah musim hujan sehingga masyarakat dapat berwisata aman dan nyaman. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (27/11/2023) di Jakarta, mengungkapkan langkah pertama Mitigasi yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi prosedur dan evaluasi kondisi destinasi wisata serta sentra ekonomi kreatif. Sandiaga menyatakan Kemenparekraf juga akan memastikan keamanan dan kenyamanan kegiatan wisata dengan menyediakan keselamatan tambahan seperti pelampung dan peta rute evakuasi.

“Kita harus pastikan keamanan kenyamanan dan kegiatan wisata yang menyenangkan terutama di destinasi-destinasi, harus menyediakan keselamatan tambahan untuk wisata air seperti pelampung, alat penyelamat dan juga peta yang jelas kepada para pengunjung untuk rute evakuasi”, ujar Sandiaga.

Sandi Uno Lebih lanjut menyampaikan bahwa Kemenparekraf juga akan menerbitkan surat edaran dan imbauan bagi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota agar mengutamakan keamanan dan keselamatan masyarakat ketika berwisata yang mengacu kepada SNI CHSE (Standar Nasional Indonesia Cleanliness, Healthy, Safety, Enviroment). Selain itu, menurut Sandiaga Uno, Kemenparekraf juga akan memprioritaskan pemilihan infrastruktur yang aman dan melakukan mitigasi serta antisipasi bencana alam untuk keselamatan masyarakat.

Pada momentum libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024, Menparekraf Sandiaga memprediksi akan ada sekitar 200 juta pergerakan wisatawan nusantara. Wisatawan mancanegara juga diproyeksi naik secara signifikan.

“Dan target kita, bisa mencapai total untuk satu tahun antara 10 sampai 11 juta. Kita berharap tembus 11 juta (wisatawan mancanegara),” ujar Sandiaga.

Untuk diketahui, sesuai dengan performansi indikator kinerja utama (IKU) atau penilaian indeks reformasi birokrasi tahun 2023, yang mana dalam catatan performansi tersebut, target perolehan kunjungan wisatawan mancanegara yang harus dicapai oleh Kemenparekraf berada di angka 6 – 8,5 juta di tahun 2023. Sementara di bulan September 2023 sudah tercapai 8,51 juta kunjungan wisman.

Read 213 times Last modified on Tuesday, 28 November 2023 04:34