Sunday, 26 August 2018 00:00

Surabaya Jadi Tuan Rumah Startup Nation Summit 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini mengetengahkan topik mengenai Surabaya Jadi Tuan Rumah Startup Nation Summit 2018.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Startup Nation Summit (SNS) 2018. Kegiatan ini akan digelar di Surabaya, Jawa Timur pada 16-17 November mendatang. Sampai saat ini, sebanyak 170 negara menyatakan siap untuk meramaikan SNS 2018 ini. Mereka adalah para enterpreneur muda di dibang digital. Startup sendiri adalah perusahaan yang telah berjalan di bawah 5 tahun atau lebih dikenal sebagai perusahaan rintisan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam jumpa pers di Surabaya Kamis, 23 Agustus 2018 mengatakan, pihaknya ingin Surabaya mulai dan memasuki era baru. Startup Nation Summit 2018 yang bertajuk Kolaborasi Industri Kreatif Digital merupakan yang ketujuh kalinya. Pada tahun 2017, kegiatan yang berskala internasional ini digelar di Kota Tallinn, Estonia.

Menurut Risma, Startup Nations Summit 2018 akan berkolaborasi dengan empat kegiatan lainnya, yakni Inno Creativitation pada 14-15 November, Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Festival 2018 pada 14-17 November, Kamadjaja Logistics Hackathon Day pada 10-11 November dan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pada 18 November. Risma mengatakan, pada kegiatan tersebut pihaknya sengaja menggandeng stakeholder di bidang pendidikan seperti rektor, guru, serta ahli akademisi untuk bersama-sama membangkitkan semangat para enterpreneur muda Surabaya.

Menurutnya, menjadi enterpreneur adalah sebuah pilihan tepat sebab tantangan anak muda pada 2040 adalah bagaimana menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan. Karena itulah pihaknya mengundang Bekraf dan perguruan tinggi.

Startup Nations Summit 2018 menjadi era baru bagi Surabaya untuk bagaimana memulai sebuah bisnis dunia startup, serta untuk mewujudkan Kota Surabaya sebagai kota kreatif pertama di Indonesia, memajukan dunia startup Surabaya, dan membawa Kota Surabaya untuk bisa sejajar dengan kota-kota besar di bidang Startup di dunia.

Presiden Global Entrepreneurship Network (GEN) Jonathan Ortmans mengatakan, forum SNS itu nantinya tidak hanya akan membahas atau membicarakan kisah sukses enterpreneurhip. Namun, mendiskusikan hambatan-hambatan yang telah dialami oleh masing-masing Startup. Bahkan ada sesi khusus yang membahas sebuah ekosistem yang real terjadi di Surabaya. Bagaimana perjalanan proses yang panjang, hingga melahirkan sebuah ekosistem yang sustainable di Surabaya. Menurutnya, pada SNS tersebut pihaknya akan membawa inovasi-inovasi terbaik, dan kebijakan-kebijakan publik yang akan dipaparkan di Surabaya. Pihaknya juga akan mempresentasikan kumpulan laporan yang dibuat oleh World Bank, untuk dapat menjadi ramuan kolaborasi bersama dalam event tersebut.

Sementara itu, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia Ricky Joseph Pesik menambahkan dalam event Bekraf Festival 2018 nanti, akan disinergikan bersama event Startup Nations Summit (SNS).

Pada kesempatan itu, pihaknya akan menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif di Indoensia, yang produk karyanya sudah dianggap dapat bersaing dalam dunia industri kreatif yang lebih luas.

Read 854 times