Thursday, 07 March 2024 20:32

Pemprov Jatim Tindaklanjuti Kerja Sama Transportasi dengan Ceko

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono (kanan) menerima kunjungan Dubes Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek bersama delegasi dari Skoda Group di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (7/3/2024). (Foto: Antara/Hanif Nashrullah)

 

VOInews, Surabaya: Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek. Kunjungan Dolecek bertujuan menindaklanjuti rencana kerja sama transformasi transportasi digital.

"Ini kunjungan Dubes Jaroslav Dolecek ke Grahadi yang kedua, setelah yang pertama pada 20 Juli 2023 lalu diterima oleh Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa," katanya kepada wartawan seusai pertemuan tertutup dengan Dolecek di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (7/3/2024) seperti dikutip Antara.

 

Dubes Jarsolav Dolecek membawa delegasi dari Skoda Group, perusahaan transportasi asal Republik Ceko. Skoda Group menawarkan transformasi teknologi untuk seluruh moda transportasi di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya. Moda tersebut mulai dari kereta ringan perkotaan (LRT), kereta berat perkotaan (MRT), dan angkutan cepat bus (BRT).

 

Pj Gubernur Adhy menjelaskan rencana induk untuk seluruh moda transportasi digital tersebut telah diselesaikan bekerja sama dengan Jepang, Jerman, dan Inggris. Adhy menyebut, pembangunan koridor 1 LRT di Surabaya dijadwalkan dimulai tahun depan. Kerja sama menggunakan teknologi dari Skoda akan dipertimbangkan untuk pembangunan koridor 2.

 

"Dengan Skoda Group ini masih penjajakan ya. Kami akan membicarakan dengan Kementerian Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan, karena tidak bisa kita lakukan tanpa pembiayaan dari mereka. Khusus (BRT) Trans Jatim memungkinkan, karena kewenangan ada di Pemprov Jatim," katanya.

 

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjanjikan kepastian kerja sama transformasi transportasi digital dengan Skoda Group akan dijawab secepatnya. Adhy menargetkan, keputusan membangun transportasi umum di Surabaya Raya bisa dimulai pada tahun 2025 mendatang. (Antara)

Read 79 times