Tuesday, 19 March 2024 19:08

Menparekraf Pastikan Kesiapan Mitigasi Bencana dan Destinasi Sambut Libur Lebaran

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, mudik Lebaran menjadi  momentum penting bagi pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air karenanya berbagai persiapan dan koordinasi  terus dilakukan. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (18/03/2024). Sandiaga Uno menyampaikan, salah satu yang harus dipersiapkan adalah mitigasi bencana mengingat adanya cuaca ekstream yang berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024.  Menurut Sandiaga Uno, perlu dipersiapkan langkah-langkah mitigasi bencana, terutama sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainabilty) yang harus terus diamplifikasi dan dikomunikasikan.

“Pastikan bahwa perubahan cuaca yang sangat cepat diantisipasi dan langkah-langkah untuk mitigasi terutama dari sertifikasi Cleanliness, Safety, Environmental dan Sustainability dipastikan,   dan ini terus kita komunikasi kita amplifikasi dan kita buat standarisasi daripada komunikasi mitigasi tanggap bencana.”

Sandiaga Uno lebih lanjut menyampaikan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus mengingatkan agar para wisatawan lebih berhati-hati saat berwisata, terutama di destinasi wisata alam.

Potensi pergerakan wisatawan nusantara saat mudik Lebaran berjumlah 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Maka mempertimbangkan potensi tersebut, Menparekraf Sandiaga segera mengeluarkan surat edaran berisi imbauan persiapan destinasi wisata dalam menyambut wisatawan.

“Kemenparekraf akan mengeluarkan surat imbauan menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 kepada seluruh Pemerintah Daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi Daya Tarik Wisata (DTW) agar dapat memberikan pelayanan yang prima,” kata Menparekraf Sandiaga.

Kemenparekraf pun mendukung dan mempersiapkan sejumlah event pariwisata saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024, di antaranya update e-catalogue mudik/jelajah masjid; Ramadan Night Run pada 16 dan 23 Maret 2024 di Jakarta; Ramadan Jazz Festival pada 29-30 Maret 2024 di Jakarta; Indonesia Fashion Week pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta.

Ada juga Mudik Bareng Ms Glow pada 6 April 2024 di Jakarta; Bakdan Neng Solo pada 12-13 April 2024; Batam Wonderfoot dan Art Ramadan pada 9-30 Maret 2024 di Batam; dan Aceh Ramadan Festival pada 28-1 April 2024.

Read 117 times