Friday, 26 January 2018 07:17

India Jalin Kerjasama Dengan Asia Tenggara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Sementara di Davos,  Swiss, diadakan pertemuan ekonomi  tahunan dunia World Economic Forum-WEF, di belahan bumi lainnya, di Tokyo, Jepang,  para menteri dari 11 negara anggota Trans Pacific Partnership-TPP, bertemu untuk melanjutkan organisasi multilateral itu tanpa AS.

 

Selasa 23 Januari lalu Perdana Menteri India, Narendra Modi dalam Forum Economi Dunia, WEF, di Davos, Swiss,  menyatakan bahwa kilau dari globalisasi kini  sudah meredup. Penghalangnya adalah sikap proteksionis dari beberapa negara. Meski tidak menunjuk nama, sasaran dari pernyataan ini adalah Amerika Serikat. Sejak Trump berkuasa, Amerika Serikat menunjukkan sikap protektsionis dalam perdagangan. Salah satunya adalah dengan  meninggalkan kesepakatan Trans Pacific Partnership ( TPP).

Dalam forum yang sama tahun lalu, saat Trump baru akan masuk Gedung Putih, Presiden RRT Xi Jin Ping sudah pernah menyampaikan pandangan soal perdagangan bebas. Tidak ingin tertinggal dari RRT, Modi tahun ini ingin India menjadi contoh perdagangan bebas dengan membuka lebar pintu  bagi investasi.

 

Sebagai salah satu negara yang tumbuh cepat dalam kelompok BRICS, Brazil, India, China, Rusia dan Afrika Selatan, India merasa tertinggal dari RRT  dan berupaya membangun kemitraan dengan negara-negara Asia Tenggara.

 

Sepulangnya dari Davos, dalam rangka lebih mempererat kerjasama dengan negara-negara Asia Tenggara,  Modi mengundang 10 negara ASEAN untuk merayakan Hari Republik India, yang jatuh hari Jum’at (26 Januari). Meskipun punya  pengaruh budaya di hampir semua negara ASEAN, dan telah menerapkan kebijakan Act East, atau dekati Asia, tingkat perdagangan India dengan ASEAN baru mencapai 470 juta dollar di  tahun 2016-2017. Angka itu hanya  seperenam dari nilai perdagangan RRT-ASEAN.

India mencoba mendekati ASEAN karena RRT telah melakukan pendekatan dan diterima di kawasan Asia Selatan dengan  membangun infrastruktur dan energi di Pakistan dan Sri Lanka. Namun  beberapa negara Asia Tenggara yang bersengketa dengan RRT mengharapkan  peran India yang lebih besar di kawasan.

 

Bagi Indonesia niat India yang tidak ingin kehilangan pengaruh di Asia Tenggara dan ASEAN adalah hal yang wajar. Sebagai negara dengan politik luar negeri bebas aktif, Indonesia menyambut niat itu, dan menghadiri perayaan Hari Republik India  dengan sebuah delegasi di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo. Namun tentunya  Indonesia tidak ingin terombang ambing dalam tarik menarik pengaruh dari negara lain, termasuk India dan RRT.

 

Read 949 times Last modified on Friday, 26 January 2018 07:27