Monday, 29 January 2018 07:34

Kunjungan Presiden Joko Widodo Ke Asia Selatan.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan serangkaian kunjungan kenegaraan di kawasan Asia Selatan, yaitu Srilanka, India, Pakistan, dan Bangladesh mulai tanggal 24 hingga 28 Januari 2018. Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sri Lanka menjadi negara pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi pada 24--25 Januari, kemudian India pada 25--26 Januari dan Pakistan pada 26--27 Januari, serta Bangladesh pada 27--28 Januari 2018. Selanjutnya dari Bangladesh, Presiden meneruskan lawatannya  ke Afghanistan pada 29 Januari 2018.

"Membuka Peluang-peluang Baru" menjadi tema kunjungan kenegaraan Presiden RI tersebut. Fokus utamanya adalah peningkatan dan pengembangan kerja sama ekonomi dengan Asia Selatan, antara lain di bidangperdagangan, energi, konektivitas, dan pembangunan infrastruktur.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke beberapa negara di Asia Selatan dinilai cukup sukses, karena menghasilkan    beberapa kesepakatan kerjasama dengan Negara-negara yang dikunjungi sesuai dengan tema, yaitu "Membuka Peluang-peluang Baru".

Pada  kunjungan ke Sri Lanka, Presiden Joko Widodo menyepakati sejumlah kerja sama di bidang perdagangan dan ekonomi dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena.

Sementara di India, selain menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-India, Presiden Joko Widodo jugamengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi yang menghasilkan hal yang sama.

Dalam kunjungannya ke Pakistan, Presiden Joko Widodo berkesempatan berbicara di National Assembly of Pakistan. Selain itu, dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman di bidang energi dan perdagangan. Disepakati, Indonesia akan memasok Liquefied Natural Gas (LNG) ke Pakistan.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke negara-negara di Asia Selatan berakhir di Bangladesh. Setelah melakukan pertemuan pertemuan dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, keduanya menyaksikan penandatanganan beberapa perjanjian kerja sama antara kedua negara.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mendatangi pengungsi Rakhine State, Myanmar, di Cox’s Bazar dan meninjau kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia serta organisasi kemanusiaan Indonesia yang sudah beroperasi di sana.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke negara di Asia Selatan memang  sangat strategis dan semakin mempererat hubungan Indonesia dengan Negara-negara  di kawasan Asia Selatan tersebut. Diharapkan,  ini  akan membawa dampak positif baik bagi Indonesia maupun negara yang dikunjungi.

Read 1185 times Last modified on Monday, 29 January 2018 07:41