Tuesday, 18 September 2018 00:00

sail moyo tambora 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

9 September lalu Sail Moyo Tambora 2018 dibuka di Pelabuhan Badas, kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Opening ceremony  menampilkan atraksi budaya Bumi Gora. Sedikitnya 140 yachter dari berbagai negara terlibat. Mereka berlayar ke Sumbawa untuk melihat bagaimana keindahan alam dan kebudayaan yang ada di pulau Sumbawa. Pada acara pembukaan, juga ada Penandatanganan Prasasti Penetapan Prasasti Taman Nasional Moyo Santonda. Tidak hanya itu, ada juga acara penandatanganan lainnya, seperti penandatanganan sampul prangko Sail Moyo, perubahan Bandara Lombok menjadi Bandara International Zainudin Abdul Madjid, dan Bandara Muhammad Kaharudin.

Sail Moyo Tambora 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Pemerintah Provinsi NTB bersama Kementerian Koordinator Bidang Maritim RI dan Kementerian Pariwisata RI. Ajang ini merupakan salah satu upaya dalam mempromosikan potensi wisata bahari NTB ke kancah internasional. Selain itu, Sail  Moyo Tambora juga menjadi momentum penting untuk memulihkan Nusa Tenggara Barat pasca-gempa Lombok. Sail Moyo Tambora 2018 merupakan bagian dari Sail Indonesia, sebuah reli tahunan yang berangkat dari Darwin, Australia menuju Indonesia dan mengunjungi beberapa Pelabuhan di seluruh nusantara. Reli tahun ini mengusung Sail Moyo Tambora setelah sebelumnya mempromosikan Sabang, Karimata, dan Bunaken.  Ada sekitar 140 kapal pesiar yang mengarungi rute Moyo Tambora tahun ini. Dengan masing-masing kapal pesiar membawa sebuah kru berisikan dua hingga empat pelaut, setidaknya 500 wisatawan mancanegara berada di event ini.

 

Kegiatan sail Moyo Tambora 2018 tidak hanya diselenggarakan siang hari saja, pada malam hari juga diisi oleh Culture Perpormance yang menampilkan atraksi seni budaya 3 etnis di NTB yaitu Sasak, Samawa dan Mbojo. Kegiatan ini juga dibarengi dengan Expo Maritim and Tourism yang  menyajikan berbagai macam produk industri kreatif dari berbagai potensi maritim dan pariwisata Indonesian. CITY PARADE digelar 10 september 2018. Karnaval ini menampilkan ragam kekayaan khazanah budaya dari masing-masing kabupaten kota se-NTB. MOYO TAMBORA FUN RUN dihelat 11 september 2018. Kegiatan fun run ini dimulai di depan kantor Bupati Sumbawa dan finish di Pantai Saliper Ate. Para peserta fun run di sambut dengan festival kuliner yang bertajuk INTERNATIONAL CULINARY PROGRAM, salah satunya lomba dan demo memasak makanan khas Sumbawa. Selain kegiatan diatas, Sail Moyo Tambora juga akan dirangkai dengan kegiatan lainnya seperti : DIALOG BUDAYA pada 12 September 2018, INVESTMENT FORUM pada 13 September 2018, SEMINAR INTERNATIONAL ASIA PASIFIK GEOPARK NETWORK pada 14 September 2018, BARAPAN KEBO dan MAIN JARAN pada 15 September 2018, INTERNATIONAL PARAGLIDING pada  16 September 2018. Selain itu Kabupaten Sumbawa telah menyiapkan berbagai event pendukung berupa event seni budaya yang diselenggarakan diberbagai tempat seperti Saka Buffalo Race, Festival Suar Teja Raboran, Festival Samba, Festival Teba Murin, festival tenun, festival Bagang. Rangkaian event pendukung ini akan digelar dari tanggal 29 Juli hingga 8 September 2018.

 

Read 815 times Last modified on Tuesday, 18 September 2018 14:01