Tuesday, 16 October 2018 00:00

Hari Pangan Sedunia Ke-38

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

16 Oktober diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pangan Sedunia, sekaligus peringatan atas lahirnya Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organisation/FAO). Hari Pangan Sedunia disepakati oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 di bulan November 1979. Delegasi Hongaria, yaitu Menteri Pertanian dan Pangan, Dr. Pal Romany mengusulkan ide perayaan Hari Pangan Sedunia pada konfrensi tersebut. Diperingati setiap tahunnya oleh 150 negara, Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengumpulkan dukungan dalam rangka  membantu mengakhiri kelaparan di dunia. Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini digelar di negara Belize, tepatnya di Sekolah Menengah Julian Cho, Distrik Toledo pada 19 Oktober mendatang. Tahun ini, peringatan Hari Pangan Sedunia mengusung Tema: Our Action are Our Future. A #Zero Hunger World by 2030 is possible.

Di Indonesia, peringatan Puncak Hari Pangan Sedunia (HPS) akan digelar di Kalimantan Selatan dari tanggal 18 hingga 20 Oktober 2018. Pelaksanaan peringatan Hari Pangan Sedunia kali ini akan dipusatkan pada dua lokasi utama. Untuk acara pembukaan dan pameran produk pertanian, akan dilaksanakan di kawasan Perkantoran Sekretariat Daerah Kalimantan selatan yang terletak di Banjarbaru. Sementara, lokasi panen raya dan gelar teknologi dilaksanakan di Desa Jejangkit, Barito Kuala. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan, peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum strategis untuk memperkenalkan pembangunan sektor pertanian kepada dunia, terutama keberhasilan Indonesia dalam memanfaatkan potensi lahan tidur seperti lahan rawa lebak menjadi lahan pertanian produktif yang sangat berpotensi sebagai penyedia stok pangan nasional.

Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini akan diisi dengan kegiatan seminar nasional, wisata diplomatik, pameran produk pertanian, gelar teknologi, dan panen raya padi lahan rawa. Hari Pangan Sedunia juga akan memecahkan rekor MURI melalui kegiatan “Isi Piringku” yang akan diikuti dan dimeriahkan oleh sekitar 2018 orang ibu hamil. Untuk kegiatan gelar teknologi, akan dilakukan gelar teknologi budi daya padi di lahan rawa seluas 4.200 hektar (ha) yang tengah disulap menjadi lahan pertanian produktif. Kementerian Pertanian melakukan optimasi lahan dengan kerjasama antara Pemerintah Pusat, TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat. Lahan yang tadinya tidak produktif, kini bisa bermanfaat dengan sentuhan teknologi pertanian yang tepat. Bahkan lahan produktif ini berpotensi menjadi tulang punggung penghasil pangan nasional hingga berpeluang menjadi sumber ekonomi masyarakat disekitarnya. 

 

Read 1431 times Last modified on Wednesday, 17 October 2018 13:10