Thursday, 08 November 2018 10:15

Makna Hari Pahlawan Saat ini

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jikakita mengatakan Pahlawan pada masa revolusi  akan identik  dengan perjuangan baik secaraphisik Maupun moral.Di Indonesia hari Pahlawan diidentikan dengan peristiwa peperangan mempertahankankemerdekaan pada tanggal 10November 1945 oleh arek arek Suroboyo, di kota Surabaya, di Jawa Timur.  Selain peristiwa  penyobekan bendera Belanda di sebuah hotel diSurabaya, tewas nya komandan sekutu  asal Inggris Brigadir Jenderal  Mallaby telah memicu sekutu menyerang besarbesaran kota Surabaya dibantu tentara  Belanda melalui NICA yaitu tentara Belanda yang  merupakan organisasi semi militer yangdibentuk pada 3 April 1944 yang bertugas mengembalikan pemerintahansipil dan hukum pemerintah kolonial HindiaBelanda selepasJepang menyerah pada Perang dunia ke 2.

Namunmakna arti Pahlawan saat ini tidak lagi semangat berperang melawan penjajah,namun bagaimana pengejawantahan dari pahlawan itu sendiri yaitu berani berkorbanuntuk sesuatu yang diyakininyabenar sesuai fakta untuk bangsa dan negara juga kaumnya. Kementrian Sosialdalam memperingati Hari Pahlawan 2018 yang jatuh pada 10 November memberi tema“Semangat Pahlawan di dadaku”. Seperti yang dikutip dari Amanat Menteri Sosial,Hari Pahlawan  mengandung makna sesuaifitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, olehkarenanya siapapun dapat menjadi pahlawan,  dengan mengabdikanhal  yang bermanfaat untuk kemashlahatandiri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

MaknaHari Pahlawan di era saat ini, bisa juga berupa melawan sesuatu yang membuat kegaduhandi  publik. Ketelitian dan pemahaman serta melihatkembali  inti dari berita yang kita bacadan lihat serta perlu atau tidaknya menyebarkan merupakan suatu tindakanpahlawan. Mengajak untuk melakukan tindakan kebaikan untuk meninggalkankegiatan yang melawan hukum  juga merupakan pahlawan seperti, korupsi,  tidak menerima gratifikasi dan tidakmelakukan praktek penyuapan juga dapat kita sebut pahlawan.

Sejatinya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namuntidak ada akhir untuk berjuang. Setiap periode perjuangan berlanjut padaperiode perjuangan selanjutnya sesuai situasi dan kondisi. Jadi berjuang secaraphisik maupun non phisik untuk kemeshahalatan orang banyak tanpa melihat untungrugi, siapa yang menang atau yang kalah  dengan diiringi keadilan dan kejujuran itulah yang dapat dikatakan Pahlawan Sejati.

Read 1081 times