Wednesday, 31 January 2018 07:39

Rencana Kerja Sama India Dengan Swasta Di Sumatera

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Pemerintah  India berencana menjalin kerja sama pendidikan kesehatan dan ekonomi dengan pihak swasta di 10 provinsi di Sumatera. Laporan selengkap disampaikan Dewi Sukrani

Kerja sama antara India dengan Indonesia khususnya Sumatera terjalin cukup lama di berbagai bidang. Tahun ini pemerintah India kembali merencanakan kerja sama yang difokuskan pada bidang pendidikan kesehatan dan ekonomi.  Konsul Jenderal India di Medan Shalia Shah mengatakan dalam bidang pendidikan kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepakatan antar universitas dan antar fakultas serta pameran pendidikan tinggi India.  Pendidikan di India menurutnya berbiaya rendah namun kualitasnya diakui secara internasional.

" Shalia ā€¯Fokus kita yang paling penting adalah pendidikan jadi nanti tanggal 5 februari juga ada satu education fair. ada 14 universitas dari India datang ke Medan untuk pertama kalinya, dan nantinya juga ada MoU dari universitas di Medan dengan universitas di India khusus untuk pendidikan medical dan Engineering. Yang pertama kita mau kasih bachelor tapi juga ada short course dan untuk di Indonesia seperti S1 S2 itu juga the exchange of faculty ".

Kerja sama bidang kesehatan menurut Shalia berdasarkan pada tingginya minat masyarakat Indonesia  untuk berobat Jantung mauapun kanker ke India. Apalagi di Medan sudah ada perwakilan salah satu rumah sakit di India.  Promosi  wisata  kesehatan India juga akan menjadi bagian kerja sama kesehatan

Sementara itu, pada bidang ekonomi kerja sama berdasarkan pada ekspor minyak kelapa sawit mentah dan buah pinang dari Sumatera Utara. Sebaliknya India sudah mengimpor daging sapi kerbau bawang merah bawang putih beras basmati tekstil autombil dan alat berat.(dwskr).

Read 844 times Last modified on Wednesday, 31 January 2018 08:09