Tuesday, 25 December 2018 08:29

Menkes Jamin Ketersediaan Tenaga Dan Fasilitas Medis

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
FOTO VOI FOTO VOI

 

Tsunami menerjang kawasan wisata Tanjung Lesung, Pandeglang Dan Lampung Selatan. Pemerintahan setempat, TNI Dan Polri di Bantu oleh warga yang selamat mulai membersihkan wilayah tersebut beberapa jam setelah Tsunami terjadi. Sampai Hari ini korban meninggal telah tercatat sebanyak 373 orang dari berbagai wilayah yang terdampak seperti  tanjung lesung, pulau sangiang, labuan, lebak Dan pandeglang. Sementara untuk korban luka-luka  yang telah di rawat di RSUD Berkah Pandeglang sebanyak 227 orang. Dari 373 korban meninggal 66 jenazah berhasil di identifikasi oleh Tim DVI Polri Dan forensik RSUD Berkah Pandeglang. Dan pihak rumah sakit juga terus mengingatkan keluarga korban untuk  membawa catatan medis dan berbagai bukti  otentik agar mempermudah Tim forensik mengidentifikasi korban meninggal. Kepala RSUD Berkah Pandeglang, dokter firman mengatakan, jumlah korban meninggal dan luka-luka diperkirakan akan terus bertambah. Sementara itu Menteri kesehatan, Nila Moeluk memastikan, kebutuhan tenaga medis dan peralatan medis yang dibutuhkan untuk melakukan operasi bedah tulang dan syaraf tersedia dengan baik. 


"Kami ini punya sistem ya. Jadi sistemnya ini kebetulan propinsi Banten tentu cukup besar Dan dekat dengan Jakarta jadi puskesmas mereka cukup banyak, banyak sekali. Pertama memang tentu di bawa ke fasilitas kesehatan primer dulu apa yang bisa dilakukan disana dilakukan. Tadi saya ke puskesmas carita misalnya sudah meninggal ya di taro di puskesmas untuk nanti diambil oleh keluarga tapi untuk yang Luka Luka mereka lakukan apa yang bisa mereka lakukan nanti di rujuk. Jadi sistemnya sudah berjalan dan bilamana perlu misalnya rumah sakit ini perlu dokter tulang Kita bisa minta Dan segera dari Jakarta bisa hadir disini. Dan saya liat ini bagus sekali Dan sudah punya networking dengan 119 jadi ambulans Mondar mandirnya cukup baik sekali".

Nila Muloek menambahkan, kementrian kesehatan juga akan berkoordinasi dengan pemerintah propinsi untuk melengkapi fasilitas di rumah sakit daerah agar perawatan korban Luka ringan dan Luka berat dapat ditangani dengan maksimal.Nuke

Read 403 times Last modified on Tuesday, 25 December 2018 11:21