Tuesday, 25 December 2018 08:31

Negara-negara Sahabat Sampaikan Simpati Bagi Korban Tsunami

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
FOTO VOI FOTO VOI

 

Bencana tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu malam (22/12/2018), turut mendapatkan simpati dari negara-negara sahabat. Baik yang disampaikan oleh kedutaan besar maupun para petinggi negara. Kepada Pro3 RRI, duta besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom, mengatakan, 3 keluarga berkewarganegaraan Korea Selatan sempat terdampak tsunami yang menerjang wilayah Banten dan Lampung Selatan. Menurut Kim, bersyukur ketiga keluarga yang berdomisili di Indonesia tersebut, hanya mengalami luka ringan yang disebabkan ketika melarikan diri ke bukit mereka tidak mengenakan alas kaki. Dibagian lain Kim menyatakan, Senin pagi, presiden Korea Selatan, Moon Jae-in telah menyampaikan rasa belasungkawanya kepada presiden Joko Widodo atas terjadinya bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda tersebut.

Mereka terluka disebabkan berlari cepat dari hotel ketika tsunami datang mendekati mereka. Tapi, mereka hanya mengalami luka ringan, seperti lebam. Presiden Moon Jae-In telah menyampaikan dukacita mendalam dan kesedihannya kepada presiden Joko Widodo, atas kejadian tsunami di Banten dan Lampung yang sangat tragis itu. Beliau juga menyampaikan dukungan bagi upaya penyelamatan awal dan pemulihan bagi area yang terdampak tsunami.”

Atase pers kedutaan besar Rusia untuk Indonesia, Denis Tetiushin, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari otoritas Indonesia, hingga kini belum ada warga negara Rusia yang menjadi korban tsunami baik di wilayah Banten maupun Lampung Selatan. Denis menambahkan, ucapan dukacita juga disampaikan oleh presiden Rusia, Vladimir Putin dan perdana menteri Rusia, Dmitry Medvedev kepada presiden Joko Widodo pada Senin pagi.

“Senin pagi presiden Vladimir Putin dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev, telah menyampaikan ucapan dukacita dan simpati kepada presiden Joko Widodo, pasca tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung Selatan.”

Bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda juga turut mendapatkan simpati dan dukacita dari Deputi Juru Bicara Gedung Putih, Robert Palladino, yang menyatakan meski tidak terdapat warga negara Amerika Serikat yang menjadi korban. Namun, pihaknya bersedia untuk memberikan bantuan dalam penanganan pasca tsunami jika dibutuhkan. Sementara, ucapan belasungkawa serupa juga disampaikan negara sahabat lainnya yang dimuat dalam laman resmi kedutaan besar. Diantaranya, Inggris, Iran, Jepang, serta Malaysia. Retno Mandasari

Read 395 times Last modified on Tuesday, 25 December 2018 12:13