Thursday, 14 February 2019 00:00

Pekan Budaya Tionghoa Yogjakarta Jawa Tengah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

5 Februari kemarin, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia merayakan HARI RAYA IMLEK. Berbagai acara dan kegiatan dilakukan masyarakat Tionghoa untuk memeriahkan HARI RAYA IMLEK. Salah satunya melalui kegiatan PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA. Perhelatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta atau PBTY XIV berlangsung pada 13 hingga 19 Februari 2019. Acara tersebut akan dipusatkan di Kampung Pecinan Ketandan Kota Yogyakarta. Pekan budaya yang digelar komunitas Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2570 ini disiapkan lebih meriah. Salah satu yang paling ditunggu adalah karnaval Malioboro Imlek Festival dan perlombaan Jogja Dragon Festival atau Festival Naga Barongsai pada 16 Februari 2019 di sepanjang Jalan Malioboro.

 

, pada Jogja Dragon Festival ada sedikitnya 20 tim yang ikut berlaga. Sedangkan untuk karnaval yang digelar akan diikuti 31 tim.

Karnaval Jogja Dragon Festival kali ini akan diramaikan tiga naga raksasa. Tiga naga raksasa tersebut adalah tim Naga Hijau asal Magelang Jawa Tengah sepanjang 90 meter, Naga Jogja (pemegang rekor MURI tahun 2018) sepanjang 165 meter, dan Naga Nusantara asal Selama PEKAN BUDAYA TIONGHOA JOGYAKARTA berlangsung, mulai pukul 16.00 hingga  22.00 WIB juga diadakan pameran budaya di beberapa titik di Kampung Ketandang, yaitu di Rumah Budaya Ketandan dan Dreamlight. Di Rumah Budaya Ketandan setiap hari ada pertunjukkan wayang Poetehi, sekaligus pameran kerajinan Wayang Poetehi dari para perajin kampung Guhdo, Jombang Jawa Timur. Ada pula workshop bagi yang berminat belajar membuat wayang potehi. Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai lomba yang berkait dengan kebudayaan Tionghoa, seperti lomba karaoke Mandarin, lomba melukis kepala wayang potehi, lomba Chinese Paper Cutting, lomba Kaligrafi Tiongkok, lomba mendongeng dalam bahasa Mandarin. Ada pula berbagai lomba yang dapat diikuti para pelajar, misalnya lomba mewarnai, lomba desain batik, dan dance competition.

Tangerang dengan panjang 67 meter. Karnaval itu juga akan melibatkan enam reog raksasa asal Ponorogo Jawa Timur.

Selama PEKAN BUDAYA TIONGHOA JOGYAKARTA berlangsung, mulai pukul 16.00 hingga  22.00 WIB juga diadakan pameran budaya di beberapa titik di Kampung Ketandang, yaitu di Rumah Budaya Ketandan dan Dreamlight. Di Rumah Budaya Ketandan setiap hari ada pertunjukkan wayang Poetehi, sekaligus pameran kerajinan Wayang Poetehi dari para perajin kampung Guhdo, Jombang Jawa Timur. Ada pula workshop bagi yang berminat belajar membuat wayang potehi. Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai lomba yang berkait dengan kebudayaan Tionghoa, seperti lomba karaoke Mandarin, lomba melukis kepala wayang potehi, lomba Chinese Paper Cutting, lomba Kaligrafi Tiongkok, lomba mendongeng dalam bahasa Mandarin. Ada pula berbagai lomba yang dapat diikuti para pelajar, misalnya lomba mewarnai, lomba desain batik, dan dance competition.

 

Read 1057 times Last modified on Thursday, 14 February 2019 15:23