Sunday, 17 February 2019 00:00

Supermoon Februari 2019

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Supermoon adalah fenomena alam ketika Bulan purnama (atau bisa juga Bulan baru), berada pada jarak kurang dari 362.000 kilometer dari Bumi. Dengan kata lain, walaupun Bulan sedang berada di perigee (jarak terdekat bulan dan bumi), namun jaraknya masih lebih jauh dari 362.000 kilometer dari Bumi, maka ia tidak akan dikategorikan sebagai Supermoon. Setelah sebelumnya muncul pada 21 Januari kemarin di Indonesia, Supermoon kembali terjadi pada 19 Februari ini. Bulan purnama pada 19 Februari ini  diperkirakan mencapai jarak kurang lebih sekitar 356.846 kilometer dari Bumi. Jarak tersebut sudah kurang dari "batas" kategori Supermoon, sehingga disebutkan sebagai Bulan purnama. Supermoon kali ini merupakan fenomena alam Supermoon yang terlama dari supermoon-supermoon sebelumnya.

Pada peristiwa supermoon 19 Februari ini, posisi bulan akan berada dalam jarak terdekat dengan Bumi untuk tahun ini, yaitu sekitar 356.000 kilometer. Karena jaraknya ini pula, Bulan akan terlihat lebih besar daripada biasanya sehingga bisa diamati lebih jelas lagi. Ukuran bulan pun terkesan membesar dengan kisaran kurang dari 10 persen. Untuk menyaksikannya, siapapun harus berada di sisi malam bumi dengan menghadap bulan. Untuk melihat lebih jelas supermoon, faktor cuaca dan tempat sangat mempengaruhi.

Fenomena langit ini akan berpengaruh pada pasang surut air laut seperti purnama biasa. Menurut Rukman Nugraha, astronom di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadinya Supermoon secara umum memiliki dampak, namun detailnya bergantung juga pada kondisi pantainya serta tipe pasang surut di pantai tersebut. Supermoon membuat air laut menjadi naik sekitar 5 sentimeter karena adanya tarikan gravitasi yang lebih besar daripada biasanya. Namun, peristiwa ini tidak akan membuat terjadinya bencana alam. Supermoon 19 Februari ini merupakan supermoon kedua yang terjadi di Indonesia. 21 Maret mendatang akan terjadi kembali Supermoon ketiga di Indonesia. 

Read 1017 times Last modified on Monday, 18 February 2019 09:54